7 Tools Untuk Mencari Tahu Strategi Backlink Kompetitor Terbaik 2024

Faradila

0 Comment

Link
Ilustrasi seorang pria dengan laptop menganalisis backlink yang dihubungkan oleh rantai besar, dengan teks "7 alat untuk mencari tahu strategi backlink kompetitor terbaik 2024.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Kampanye SEO yang sukses ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya backlink. Selain mengupdate konten yang berkualitas, backlink berkualitas juga bisa membantu meningkatkan peringkat websitemu di Google. Agar strategi link building yang kamu lakukan berhasil, maka bisa memanfaatkan tools untuk mencari tahu strategi backlink kompetitor.

Backlink kompetitor yang berhasil menempati posisi di halaman pertama Google pastinya sudah terbukti berhasil. Setelah mengetahui strategi backlink yang mereka gunakan, kamu bisa menirukannya dengan menyesuaikan kemampuan masing-masing.

Jika belum bisa meniru backlink berbayar, maka boleh menirukan backlink gratis yang bisa didapat. Ingin tahu tools untuk mencari tahu strategi backlink kompetitor? Simak dibawah ini.

Tools Untuk Mencari Tahu Strategi Backlink Kompetitor

Siapa bilang backlink kompetitor tidak bisa diketahui? Kamu bisa memanfaatkan beberapa tools canggih berikut. Sehingga, bisa menirukan strateginya.

1. Ubersuggest

Tools pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk menganalisa website orang lain adalah Ubersuggest. Fitur yang ditawarkannya sangatlah membantu para pemilik situs, termasuk mencari tahu strategi backlink dan keyword.

Backlink checker yang ditawarkan oleh Ubersuggest memungkinkan kamu melihat sumber backlink orang lain. Tidak hanya berasal dari satu website, kalian bisa menganalisa dan melakukan komparasi banyak website sekaligus.

Agar bisa menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Ubersuggest, kamu perlu login terlebih dahulu. Jangan khawatir, kamu bisa login menggunakan akun Google.

Ubersuggest bisa digunakan secara gratis, namun dengan batasan tertentu. Namun, ini sudah cukup untuk melakukan analisa secara sederhana.

Jika ingin tidak ada batasan, silahkan upgrade akun Ubersuggest premium. Disana kamu bisa mendapat lebih banyak fitur dan keleluasaan.

2. OpenLinkProfiler

Rekomendasi tools untuk mencari tahu strategi backlink kompetitor berikutnya adalah OpenLinkProfiler. Kamu tidak perlu membayar biaya langganan apapun untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan.

Sehingga, siapapun bisa langsung menggunakan OpenLinkProfiler tanpa harus memikirkan biaya langganan. Namun, kamu harus puas dengan fitur-fitur seadanya yang tergolong terbatas.

Adapun fitur yang ditawarkan oleh OpenLinkProfiler diantaranya seperti total backlink, tools pemantau backlink dan masih banyak lagi untuk akun berbayar.

Versi gratis OpenLinkProfiler sudah cukup bagus untuk memantau backlink website lain, dengan hasil yang akurat. Jika merasa cocok, kamu bisa juga upgrade ke akun premium agar fitur yang terbuka lebih banyak lagi.

3. SmallSEOTools

Dikalangan penggiat SEO, SmallSEOTools bukan lagi platform yang jarang mereka dengar. Website ini terkenal dengan banyaknya fitur pendukung optimasi website agar nilai SEO meningkat. Sekaligus tools yang bisa dipakai secara gratis.

Dari sekian banyak tools yang disediakan, kamu bisa memakai fitur cek backlink website orang lain. Dengan demikian, kamu bisa meniru atau memahami strategi link building yang digunakan kompetitor.

SmallSEOTools hadir dengan antarmuka yang sangat sederhana, sehingga mudah dipahami. Kamu tidak akan kesulitan menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan.

Advertisements

Untuk mengecek backlink website orang lain, kamu bisa langsung membuka https://smallseotools.com/backlink-checker/.

4. Seobility

Seobility adalah tools yang menyediakan berbagai fitur SEO powerfull dan bermanfaat bagi para pemilik website, termasuk cek backlink kompetitor. Namun, versi gratisnya dibatasi sebanyak 3 kali saja.

Terhitung lumayan bagi para pemula yang tidak punya uang buat berlangganan. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Seobility antara lain rangking tracker, audit geografis, audit SEO dan masalah crawling semua halaman website.

Salah satu kehebatan Seobility adalah bisa menganalisa 400 backlink sekaligus untuk sekali percobaan. Nah, silahkan dimanfaatkan fitur ini sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran bagaimana strategi backlink kompetitor.

5. SE Ranking

Tools untuk mencari tahu strategi backlink kompetitor kali ini tidak sepenuhnya gratis, melainkan hanya memberikan masa uji coba selama 24 jam. Dengan fitur-fitur yang canggih, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk mencobanya.

Salah satu fitur unggulan dari SE Ranking adalah Gap Analyzer Backlink. Fungsinya sudah jelas, yaitu untuk menganalisa backlink dari sebuah website. Analisa yang dilakukan secara mendalam, karena meliputi link do-follow dan no-follow.

Semua jenis link bisa diidentifikasi oleh SE Ranking secara akurat. Sehingga, kamu bisa mengetahui dan mengikuti strategi backlink yang dipakai oleh website lain.

6. Ahrefs

Mengecek backlink website orang lain bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan Ahrefs. Sebagai alat SEO terpopuler di dunia dan dipakai oleh sebagian besar profesional, hasil analisa backlink Ahrefs sudah pasti akurat dan detail.

Untuk menggunakan Ahrefs, pengguna perlu berlangganan paket premium yang biayanya bisa mencapai jutaan per bulan. Namun, tools ini sebenarnya menawarkan masa uji coba selama 7 hari.

Adapun link untuk menganalisa backlink website bisa kamu buka melalui https://ahrefs.com/backlink-checker.

7. SEMRush

Pilihan tools untuk mencari tahu strategi backlink kompetitor yang terakhir adalah SEMRush. Ini mirip seperti Ahrefs, dimana sudah banyak dipakai dan menjadi andalan para pakar SEO. Sehingga hasilnya tidak perlu diragukan lagi.

Ada banyak tools SEO yang bisa ditemukan di SEMRush, mulai dari riset keyword, audit SEO sampai cek backlink website orang lain. Dengan fiturnya yang lengkap dan canggih, SEMRush mengharuskan penggunanya membayar biaya langganan.

Biaya langganan paket premium di SEMRush tidaklah murah, mirip seperti Ahrefs.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai tujuh tools untuk mencari tahu strategi backlink kompetitor yang bisa kamu gunakan. Semoga membantu kalian yang saat ini masih dalam tahap belajar SEO.

Bagi yang tidak memiliki uang buat berlangganan, bisa menggunakan Ubersuggest dan SmallSEOTools. Sedangkan untuk tools berbayar yang lebih canggih dan komplit, bisa memakai Ahrefs atau SEMRush.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “7 Tools Untuk Mencari Tahu Strategi Backlink Kompetitor Terbaik 2024”

Tinggalkan komentar