5 Tips Membuat Desain Website Yang Menarik dan Nyaman Bagi Pengunjung

Faradila

0 Comment

Link
Ilustrasi monitor komputer menampilkan layout website dengan teks "5 tips membuat desain website yang menarik dan nyaman bagi pengunjung" dengan latar belakang biru.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Desain website adalah komponen penting yang menentukan bagaimana kesan pengunjung ketika pertama kali membukanya. Sebagai pemilik website, sudah seharusnya kamu memikirkan desain secara matang. Tidak boleh hanya sekedar mendesain dan menambahkan elemen-elemen kurang penting. Agar tidak bingung, bagaimana kalau langsung disimak beberapa tips membuat desain website yang menarik sebagai berikut.

Desain website merupakan salah satu komponen yang menentukan User Experience. Betah atau tidaknya pengunjung bisa dipengaruhi oleh desain website, disamping konten yang berkualitas.

Tips membuat desain website yang menarik terdiri dari dari beberapa poin penting. Mari kita bedah satu per satu agar kamu segera memahaminya.

Tips Membuat Desain Website yang Menarik

Mendesain website bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pemula, mungkin kamu salah satunya. Tidak perlu bingung, mari disimak seperti dibawah:

1. Pilih Layout/Desain Sederhana

Salah satu kesalahan fatal yang dilakukan oleh banyak pemula adalah mendesain websitenya dengan mewah, indah dan ramai ornamen. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang ingin membuat website aesthetic.

Padahal, pengunjung lebih menyukai desain website sederhana yang tidak terlalu ramai. Rasanya enak buat dilihat dan tidak lebay dimata.

Desain website sederhana juga membuat loading terasa ringan dan tidak lemot. Pada akhirnya, desain tersebut membantu meningkatkan nilai SEO website.

Meskipun sederhana, bukan berarti minim hal-hal penting. Seperti menu navigasi, kontak, menu pencarian, template dan warna harus sesuai tema website.

2. Pilih Navigasi Mudah Dipahami

Navigasi yang ada didalam website sudah seharusnya memudahkan pengunjung menjelajahi konten dan tidak membingungkan. Dengan navigasi yang mudah dipahami, membuat mereka lebih lama berinteraksi di website.

Berbeda cerita jika navigasinya membingungkan. Pengunjung pasti buru-buru ingin segera meninggalkan website. Ini membuat nilai SEO website menurun dan semakin susah mendapat peringkat teratas hasil pencarian.

Untuk menciptakan navigasi yang nyaman, perhatikan poin-poin dibawah:

  • Jangan terlalu banyak menu di website.
  • Buat Kategori dan Sub kategori untuk mengelompokkan konten.
  • Jangan lupa memberi fitur pencarian.
  • Breadcumb Navigation yang memberitahu pengguna sedang berada di halaman mana.
  • Link internal diantara konten yang relevan.
  • Buat sitemap website.

3. Memakai Font Sederhana

Tips membuat desain website yang menarik berikutnya adalah memilih font sederhana. Mulai dari jenis huruf, warna, dan ukuran. Kamu tidak perlu memilih jenis huruf yang aneh-aneh, cukup gunakan font standar.

Advertisements

Warna huruf juga harus disesuaikan dengan warna template. Semisal websitemu menggunakan tema cerah, maka warna huruf sebaiknya dibuat gelap.

Terakhir adalah ukuran huruf, buatlah yang seimbang. Yaitu tidak terlalu besar ataupun kecil.

Semua ini dilakukan agar pengunjung bisa membaca konten dengan jelas. Sebagai platform yang menyuguhkan konten berupa tulisan, sudah pasti font harus dibuat sejelas mungkin.

4. Responsif Disemua Perangkat

Ketika memilih template website, pastikan ia sudah responsif. Yaitu template yang bisa menyesuaikan tampilannya berdasarkan perangkat pengguna. Baik itu dibuka lewat hp, tablet, komputer ataupun laptop tetap sama.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini orang-orang menggunakan perangkat yang beragam untuk mengakses internet. Terkadang menggunakan PC, meskipun lebih banyak lewat ponsel.

Oleh karena itu, sebagai pemilik website sudah seharusnya mendesainnya agar responsif. Memastikan website tetap nyaman ketika diakses dari semua perangkat.

5. Informasi Kontak yang Jelas

Membuat desain website bukan hanya terbatas pada kemudahan pengguna dalam mengakses konten. Melainkan juga harus memiliki informasi kontak yang jelas.

Kontak bisa berupa alamat email, nomor telepon, nomor WhatsApp dan akun sosial media official. Sehingga, pengunjung bisa segera menghubungi pemilik website ketika ada keperluan.

Khususnya ketika ingin mengajak berbisnis. Jika tidak menampilkan informasi kontak, pengunjung website tidak bisa menghubungi kalian.

Demikianlah pembahasan mengenai lima tips membuat desain website yang menarik dimata pengunjung.

Silahkan ikuti poin-poin diatas pada website kamu agar membuat pengunjung merasa betah, sekaligus bisa meningkatkan traffic secara signifikan.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “5 Tips Membuat Desain Website Yang Menarik dan Nyaman Bagi Pengunjung”

Tinggalkan komentar