7 Plugin SEO Terbaik WordPress Yang Paling Direkomendasikan di 2024

Faradila

0 Comment

Link
Grafik menampilkan jendela browser dengan simbol kode dan potongan puzzle berjudul "7 plugin seo terbaik untuk wordpress yang direkomendasikan pada tahun 2024" dalam bahasa indonesia.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Website adalah platform digital yang sudah beralih fungsi menjadi kebutuhan utama bagi para pebisnis. Khususnya mereka yang ingin menjangkau lebih banyak orang secara online tanpa batasan tempat. Agar tujuan tersebut terpenuhi, website wajib berada di urutan teratas hasil penelusuran. Maka dibutuhkan plugin SEO terbaik WordPress sebagai alat bantu.

Plugin SEO adalah sebuah perangkat lunak tambahan yang didesain sedemikian rupa untuk membantu meningkatkan nilai SEO website di hasil penelurusan mesin pencari. Plugin ini terdiri dari berbagai macam jenis dengan fungsi berbeda-beda.

Bagi kalian yang masih pemula dan bingung apa saja plugin SEO terbaik WordPress, mari disimak uraiannya sebagai berikut.

Rekomendasi Plugin SEO Terbaik WordPress

Bagi kalian yang ingin meningkatkan nilai SEO di mesin pencari, maka bisa menggunakan beberapa rekomendasi plugin SEO terbaik WordPress dibawah.

1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin yang memiliki banyak fungsi penting untuk membantu meningkatkan SEO sebuah website. Ia berhasil mendapatkan rating bintang 4.7 dan sudah diinstall oleh 5 juta pengguna aktif.

Tidak salah lagi jika menyebut Yoast sebagai plugin SEO terbaik WordPress, karena memang fungsinya beragam. Beberapa diantaranya seperti:

  • Membantu pengguna mengoptimalkan judul, meta description dan meta keyword pada artikel.
  • Snippet.
  • Menganalisis keterbatasan artikel.
  • Bisa menggunakan editor klasik ataupun guttenberg.
  • Diperbaharui secara rutin oleh developer.

Yoast SEO bisa digunakan secara gratis oleh semua orang dan tersedia pula paket langganan premium untuk akses fitur lebih canggih dan beragam.

2. The SEO Framework

Apakah kamu sedang mencari plugin gratis namun powerfull? Kalau begitu, The SEO Framework bisa menjadi pilihan terbaik. Ia mudah digunakan oleh pemula, meskipun fitur-fiturnya ada berbagai macam.

The SEO Framework menawarkan beberapa fungsi unggulan seperti:

  • Integrasi plugin AMP.
  • Support mode incognito.
  • Analisis SEO website.
  • Pelacakan komentar spam.
  • Pengaturan SEO lokal.
  • Membuat deskripsi, judul dan URL cannonical otomatis.

3. All in One SEO Pack

Kepopuleran All in One SEO Pack dikalangan blogger dan pemilik website mirip seperti Yoast, terbukti dengan jumlah instalasi aktif mencapai 3 juta. Ia mendapatkan rating 4.5 dari para pengguna.

Bukan hanya namanya saja, All in One SEO Pack benar-benar menghadirkan berbagai macam tools yang dibutuhkan oleh pengguna untuk mengoptimasi SEO website mereka.

Pemakaian plugin SEO terbaik WordPress ini membutuhkan pemahaman sedikit lebih lama, namun bukan berarti sukar dipahami oleh pemula.

Dibawah ini adalah beberapa fitur All in One SEO Pack:

Advertisements
  • Integrasi Google Analytic.
  • Integrasi Google Sitemap.
  • Membuat canonical URL.
  • Mencegah bot mencurigakan masuk ke website.
  • Membuat meta tag secara otomatis.
  • Mengaktifkan dan menonaktifkan fitur dengan mudah, sesuai kebutuhan pengguna.
  • Fitur tambahan bagi pengguna WooCommerce, dengan bantuan berupa materi video SEO, taksonomi dan bantuan tingkat lanjut.

4. LiteSpeed Cache

Kecepatan website dan seberapa responsif ketika dibuka oleh pengguna adalah salah satu faktor SEO On Page yang sangat penting. Nah, dengan bantuan LiteSpeed Cache kamu bisa mengoptimalkan performa website.

Website menjadi lebih responsif ketika dibuka pengguna, karena ia memiliki berbagai macam fitur caching. Beberapa diantaranya seperti caching minification, caching objek, caching stats dan sebagainya.

Cocok bagi mereka yang memiliki masalah dengan kecepatan loading halaman website yang terasa lemot. Ia bisa dikatakan sebagai salah satu plugin yang wajib ada di WordPress.

5. WP Meta SEO

Selain kualitas konten dan kecepatan website, faktor lain yang tidak kalah berpengaruh besar terhadap SEO ON Page sebuah halaman adalah Meta Tag. Sekarang kamu bisa mengaturnya secara otomatis dengan lebih mudah dan praktis.

Solusinya adalah menggunakan WP Meta SEO. Kamu bisa mengatur tag kata kunci, deskripsi dan judul halaman dengan efektif.

6. Broken Link Checker

User experience yang baik adalah prioritas utama bagi setiap pemilik website, karena membuat pengunjung merasa nyaman selama berada didalam situs. Ini juga menjadi faktor penentu ranking website di halaman pencarian.

Google tidak akan menempatkan website yang memiliki banyak link error di peringkat atas. Mengeceknya secara manual pasti sangat ribet, oleh karena itu dihadirkannya Broken Link Checker.

Salah sagu plugin SEO terbaik WordPress ini berfungsi untuk mendeteksi gambar yang hilang dan link halaman yang error. Broken Link Checker akan memasukkannya ke dalam list, sehingga kamu bisa langsung mengetahui dan memperbaikinya.

7. Smush

Gambar memang dibutuhkan disetiap postingan agar lebih menarik dan nyaman dibaca. Namun, jika ukurannya terlalu besar bisa membebani hosting dan pada akhirnya memperlambat loading website.

Apalagi jika artikelmu panjang yang memiliki beberapa gambar sekaligus. Untuk mencegah beban berlebih dari gambar yang diupload, maka bisa menginstall Smush.

Smush adalah plugin WordPress yang berguna untuk mengkompres ukuran gambar sampai dengan 5MB, tanpa khawatir merusak kualitasnya. Gambar masih terlihat jelas, namun ukurannya lebih ringan.

Smush adalah salah satu plugin yang wajib ada di WordPress, agar gambar yang diupload tidak menimbulkan masalah.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 plugin SEO terbaik WordPress yang wajib ada di website. Semoga uraian diatas bisa bermanfaat untuk kalian.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “7 Plugin SEO Terbaik WordPress Yang Paling Direkomendasikan di 2024”

Tinggalkan komentar