10+ Kursus Bahasa Inggris Online Privat – Belajar Lebih Efektif dan Menyenangkan!

Nurjaya

0 Comment

Link
Kata kunci yang digunakan: kursus bahasa Inggris online, pointingSeorang wanita di laptop menunjuk sesuatu di layar selama kursus bahasa Inggris online.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Kemajuan teknologi mengharuskan masyarakat agar bisa berbahasa Inggris. Dampaknya bisa dirasakan di berbagai aspek, mulai dari peningkatan karir hingga menjalin relasi. Dengan alasan itulah, tidak heran jika kursus bahasa Inggris online privat semakin diminati. Di samping itu, lembaga pendidikan formal belum mampu menghasilkan siswa yang luwes berbahasa Inggris secara merata. Oleh karena itulah, kursus ini semakin dibutuhkan agar tujuan belajar bisa lebih mudah tercapai. 

Apa Saja Materi Yang Diajarkan Pada Kursus Bahasa Inggris Online Untuk Pemula?

Bagi pemula, biasanya materi yang akan diajarkan mencakup Tenses, Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Berikut penjelasannya. 

  1. Tenses

Tenses ialah bagian dasar namun penting ketika mempelajari bahasa Inggris. Materi ini merupakan bentuk kata kerja bahasa Inggris untuk menunjukkan waktu suatu peristiwa yang terjadi. Apabila peserta sudah memahami semua tenses, maka peserta sudah menguasai 60% materi bahasa Inggris. 

  1. Listening

Skill menyimak ini bisa ditingkatkan dengan rajin mendengarkan kosakata berbahasa Inggris. Agar bisa menguasai materi ini dengan baik, maka bisa memulainya secara bertahap. Misalnya sering melakukan latihan selama 10-15 menit setiap hari dengan melakukan percakapan singkat. Bisa juga dengan mendengarkan lagu, menonton video, film, maupun podcast. 

  1. Reading

Materi berikutnya yang akan dipelajari ialah reading atau membaca. Peserta bisa mulai dengan belajar membaca beberapa kalimat bahasa Inggris untuk memahami struktur kata bahasa Inggris. Salah satu metode yang cukup efektif yaitu menonton film bahasa Inggris dengan mengaktifkan bagian subtitle mampu meningkatkan kosakata. 

  1. Writing

Ini adalah kegiatan menulis, menguasai tata bahasa hingga perbendaharaan kata. Apabila peserta menguasai materi ini, maka tidak akan kesulitan menulis kalimat aktif maupun pasif. Salah satu cara terbaik meningkatkan kemampuan writing ialah membaca buku untuk memahami grammar dan memperkaya kosakata. 

  1. Speaking

Setiap tempat kursus privat bahasa Inggris tentu memberikan materi ini dengan memanfaatkan beragam metode. Ketika praktik berbicara, pemula mungkin terbiasa dengan kata asing yang sulit diucapkan. Namun meskipun demikian, latihan yang rutin akan membantu peserta terbiasa dan melafalkan kata dengan fasih. 

kursus bahasa inggris online

Kelebihan Kursus Privat Bahasa Inggris 

Dibandingkan belajar di rumah sendiri, tentu Anda akan mendapatkan beragam kelebihan dengan mengikuti kursus privat bahasa Inggris. Berikut beberapa diantaranya: 

  1. Waktu Belajar Fleksibel

Dengan mengikuti les privat, jadwal belajar anak menjadi lebih fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Terlebih jika jadwal kegiatan belajar dan mengajar di sekolah tergolong sangat padat, jadwal les bisa menyesuaikan dengan waktu senggang yang dimiliki. 

  1. Meningkatkan Kemampuan Akademik

Selain waktu belajar yang fleksibel, kursus privat bahasa Inggris juga berguna untuk meningkatkan kemampuan akademik dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Ini karena les privat memberikan waktu belajar tambahan bagi anak di mana anak bisa mengulang kembali pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah. 

  1. Bersifat Personal

Setiap pengajar les biasanya mengetahui kelebihan dan kekurangan peserta didiknya dengan cepat. Anak bisa bertanya secara langsung apabila mengalami kesulitan sehingga sangat membantu untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat guna meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak. 

  1. Lebih Fokus

Belajar secara privat juga dinilai lebih mampu meningkatkan fokus pada anak. Guru les bisa memfokuskan pengajaran pada skill tertentu yang lebih diutamakan. Nantinya, guru les bisa menekankan pada skill tersebut untuk meningkatkan kemampuan anak. 

  1. Lebih Mudah Dipantau Orang Tua

Dengan mengikuti kursus privat bahasa Inggris memungkinkan orangtua untuk lebih mudah memantau kegiatan belajar anak. Di samping itu, orangtua juga bisa berkonsultasi dengan guru les setiap saat untuk mengetahui dan memantau perkembangan kemampuan bahasa Inggris pada anak. 

Rekomendasi Tempat Kursus Privat Bahasa Inggris

Bagi Anda yang masih bingung menentukan tempat les privat terbaik, berikut terdapat beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan. Seperti diketahui, dalam memilih tempat les tentu tidak bisa sembarangan. Beberapa rekomendasi tempat kursus privat bahasa Inggris yaitu antara lain: 

  1. LIA 

Ialah institusi yang menyelenggarakan program pendidikan formal dan non-formal, terutama di bidang bahasa. LIA menerapkan proses metode belajar yang cukup beragam yaitu mulai dari fun learning, learning more than just english, dan learning how to learn

Berdiri sejak tahun 1959, LIA sudah memiliki beragam cabang. Mulai dari Sumatera, Banten, Tangerang, hingga area Jawa Tengah, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk biaya kursus yang ditawarkan yaitu kisaran Rp 1 jutaan saja. Biaya tersebut tergantung pada jenis program yang diambil oleh setiap peserta. 

  1. English First 

Tempat kursus privat bahasa Inggris ini telah berkolaborasi dengan universitas terkemuka di dunia. Tentu saja tujuannya untuk mengembangkan masa depan dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa. 

Terdapat banyak program yang ditawarkan oleh lembaga kursus ini. Diantaranya pendidikan bahasa untuk anak, pendidikan bahasa Inggris untuk remaja, pendidikan bahasa Inggris untuk dewasa, EF Language Travel, EF Languages Abroad, dan masih banyak lagi. 

Pengajar profesional akan memberikan suasana belajar yang bertaraf internasional dan dinamis. Selain itu, EF juga menggunakan teknologi terdepan meliputi kelas canggih, teknologi online, dan aplikasi EF Parents. Untuk harga yang ditawarkan mulai dari Rp 780 ribu per bulan tergantung pada level kursus yang dipilih. 

Advertisements
  1. Ruangguru 

Ini merupakan rekomendasi tempat kursus privat bahasa Inggris daring terbaik di Indonesia. diluncurkan pada awal tahun 2021 dan menggunakan kurikulum berstandar internasional Cambridge. Kurikulum ini dinilai lebih menarik, terkini, dan modern jika dibandingkan dengan kurikulum nasional.

Ini tentu saja karena kurikulum yang digunakan menyajikan cara pandang internasional. Dengan demikian bisa lebih mudah membantu siswa apabila berencana mengikuti pelajaran maupun sekolah di luar negeri.  

Untuk memaksimalkan proses pembelajaran, terdapat 3 jenjang kelas yang bisa dipilih sesuai usia dan tingkat kemampuan. Yaitu Runner (7-10 tahun), Sprinter (11-14 tahun), dan Ranger (15-18 tahun).  Biaya untuk program ini yaitu Rp 1,5 juta untuk paket 3 bulan dan Rp 5 juta untuk paket 1 tahun. 

  1. Kampung Inggris 

Merupakan lokasi dari ratusan lembaga kursus bahasa Inggris yang menawarkan berbagai paket dan fasilitas menarik di dalamnya. Berlokasi di Pare, tempat kursus ini menjadi favorit di kalangan pelajar dan mahasiswa untuk menimba ilmu.

Gerbang Kampung Inggris Pare di Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri

Terdapat 7 paket full days yang bisa dipilih oleh setiap peserta. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut: 

  • Paket full days 1 minggu : besaran biaya kisaran Rp 480 ribu. 
  • Paket full days 2 minggu : besaran biaya kisaran Rp 525 ribu. 
  • Paket full days 1 bulan : besaran biaya kisaran Rp 799 ribu. 
  • Paket full days 2 bulan : besaran biaya kisaran Rp 1,5 jutaan. 
  • Paket full days 3 bulan : besaran biaya kisaran Rp 2,3 juta. 
  • Paket full days 4 bulan : besaran biaya kisaran Rp 3,1 juta. 
  • Paket full days 5 bulan : besaran biaya kisaran Rp 5,5 juta.

Tips Memilih Tempat Kursus Yang Tepat 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebagian orang tua bahkan anak merasa lebih nyaman jika belajar di tempat kursus. Agar proses belajar mampu memberikan hasil yang terbaik, berikut tips yang bisa diterapkan untuk memilih tempat kursus privat bahasa Inggris, antara lain: 

  1. Pilih Belajar Dengan Native Speaker 

Seperti diketahui, tidak semua tempat les bahasa Inggris bisa mempertemukan siswa dengan native speaker. Ini artinya tempat kursus tersebut pengajarnya ialah orang Indonesia biasa. Padahal, guru terbaik untuk belajar bahasa asing ialah orang yang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa Ibu. 

Belajar dengan native speaker akan membuat siswa terlatih untuk mendengarkan pelafalan kata dalam bahasa Inggris. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan bahasa yang lebih luas dan mendalam. 

  1. Pilihlah Tempat Yang Menyediakan Banyak Tingkatan 

Biasanya tempat les akan membagi peserta kursus ke dalam berbagai tingkatan atau level. Semakin banyak tingkatan yang harus siswa ikuti, maka semakin fokus pula materi belajar yang akan didapatkan pada masing-masing level. Dengan demikian, ilmu yang didapatkan juga akan lebih melekat dengan baik di ingatan siswa. 

  1. Pilihlah Tempat Kursus Yang Menyediakan Program Belajar Online 

Untuk menghemat waktu, seringkali program belajar online menjadi alternatif yang bisa dipilih. Ini karena aktivitas yang dilakukan tidak hanya untuk belajar, namun memiliki kesibukan lain yang harus dikerjakan. 

Oleh karena itulah, pilihlah tempat kursus yang menyediakan program belajar online. Meskipun belajar dari jarak jauh, namun bukan berarti fasilitas pendidikan yang diperoleh juga terbatas. Ketika belajar daring, siswa tetap bisa berinteraksi dengan pengajar native sekaligus mendapatkan materi yang sepadan jika siswa belajar secara langsung. 

  1. Pilih Tempat Yang Menyediakan Kelas Praktek 

Tempat kursus bahasa Inggris privat yang berkualitas tentu bisa menyediakan tempat agar setiap pesertanya bisa mempraktekkan kemampuan bahasa Inggrisnya dengan baik. Oleh karena itulah, pilihlah tempat yang menyediakan kelas praktek seperti praktek berbicara maupun menulis. 

Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Tempat Kursus?

Meskipun sudah disebutkan tips memilih tempat kursus yang tepat, namun setiap peserta harus mempertimbangkan berbagai hal. Berikut beberapa diantaranya: 

  1. Ketahui Level Yang Dimiliki

Terdapat berbagai macam level dalam bahasa Inggris, yaitu skala 1 hingga 9. Biasanya calon peserta akan diberikan tes terlebih dahulu untuk mengetahui level yang dimiliki. Setelah melalui tahapan tersebut, peserta bisa memilih program kursus yang tepat dan sesuai. 

  1. Tentukan Modul Yang Ingin Dipelajari

Seperti diketahui, terdapat banyak hal yang bisa dipelajari mengenai subjek ini. Oleh karena itulah, hal tersebut perlu disesuaikan dengan materi yang ingin didapatkan. Contohnya, jika ingin memiliki kemampuan speaking, maka bisa mengambil Conversation Class. 

Kelas ini akan memberikan lebih banyak praktek berbicara dibandingkan kelas lain. Pastikan mencari tempat kursus privat bahasa Inggris dimana pengajarnya ialah foreigner agar lebih mudah menguasai materi yang diajarkan. 

  1. Perhatikan Ketersediaan Waktu

Peserta perlu memperhatikan ketersediaan waktu sebelum mengambil kursus ini. Jika anda seorang karyawan misalnya, maka sangat penting mempertimbangkan waktu agar tidak ada jadwal yang tercecer ketika sudah memulai kursus. 

Kursus privat bahasa Inggris menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Tidak hanya siswa, les ini juga bisa diikuti oleh berbagai kalangan seperti karyawan yang menuntut skill kemampuan bahasa Inggris dalam pekerjaannya. 

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “10+ Kursus Bahasa Inggris Online Privat – Belajar Lebih Efektif dan Menyenangkan!”

Tinggalkan komentar