9 Faktor Yang Mempengaruhi Ranking Situs Dalam Pencarian Google

Faradila

0 Comment

Link
Ilustrasi seseorang berdiri dengan kaca pembesar di depan dokumen besar, dengan teks "9 faktor yang mempengaruhi peringkat situs dalam pencarian google".
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Setiap pemilik website pasti ingin tampil di urutan pertama hasil pencarian Google, atau minimal muncul di halaman pertama. Sebab, ini akan mendongkrak jumlah kunjungan ke website dan membuat bisnis tetap berjalan lancar. Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi ranking situs dalam pencarian Google?

Google sebagai mesin pencari memiliki banyak faktor pertimbangan dalam menentukan ranking website. Prioritas Google adalah memberikan hasil pencarian yang relevan dan mampu memberi pengalaman terbaik kepada pengguna.

Tidak semua orang mengerti faktor yang mempengaruhi ranking situs dalam pencarian Google, padahal ini sangatlah penting.

Agar situs kamu berkembang dengan baik, silahkan disimak uraian berikut ini sampai habis.

Faktor Yang Mempengaruhi Ranking Situs Dalam Pencarian Google

Ketika menentukan ranking website di halaman pencarian, Google memiliki beberapa faktor yang menjadi dasar penilaiannya. Kurang lebih seperti dibawah ini.

1. Kualitas Konten

Google senantiasa memprioritaskan konten yang informatif, relevan dan bermanfaat bagi pembaca untuk mengurutkan hasil pencarian. Konten adalah faktor utama dan paling dipertimbangkan.

Oleh karena itu, sudah seharusnya setiap pemilik website agar meng-upload artikel yang mampu memberikan solusi atas permasalahan pembaca, unik dan mudah dibaca.

Disisi lain, jangan lupa menerapkan strategi SEO didalam artikel tersebut. Salah satunya adalah pemilihan keyword dan penyebarannya.

2. Keyword

Pemilihan keyword atau kata kunci adalah faktor penentu rangking berikutnya. Setiap kata kunci memiliki volume dan tingkat persaingan berbeda-beda. Kamu bisa menyesuaikan dengan kekuatan website agar hasilnya maksimal.

Keyword yang sudah dipilih kemudian dipakai sebagai permalink, membuat judul artikel, heading didalam artikel, meta deskripsi, alt gambar dan disebar didalam artikel secara natural.

Strategi keyword ini dilakukan untuk memberitahu kepada mesin pencari bahwasannya kamu memiliki artikel yang relevan dengan kebutuhan pengguna di keyword tertentu.

3. Backlink

Faktor yang mempengaruhi ranking situs dalam pencarian Google berikutnya adalah backlink. Yaitu sebuah link yang mengarah ke situsmu, sebagai sinyal bahwa website tersebut direkomendasikan orang lain.

Google kemudian menangkap sinyal tadi sebagai bukti bahwa web tersebut kredibel dan memiliki reputasi baik. Sehingga, mereka akan memprioritaskan untuk ditampilkan kepada pengguna.

Backlink yang baik berasal dari website relevan, website dengan otoritas tinggi dan tidak spam.

4. User Experience

Lagi-lagi kita akan memberi apa yang diprioritaskan oleh Google, yaitu pengalaman pengguna. Website yang baik bisa diakses dengan cepat dan mudah dinavigasikan oleh pengguna.

Jangan sampai pengguna kesulitan mengakses menu ataupun artikel yang ada di website, gara-gara menunya berantakan dan navigasi tidak jelas.

Begitupun dengan loading, usahakan setiap halaman bisa dimuat hanya dalam beberapa detik.

Advertisements

5. Struktur URL

Struktur URL adalah salah satu faktor yang dipakai oleh Google untuk memahami isi konten pada sebuah situs. Oleh karena itu, sudah seharusnya URL dibuat deskriptif dan singkat untuk memudahkan mesin penelusuran mengetahui maksudnya.

Hindari penggunaan URL terlalu panjang dan kompleks, serta jangan lupa menyisipkan keyword utama.

6. Otoritas dan Usia Domain

Faktor yang mempengaruhi ranking situs dalam pencarian Google berikutnya adalah usia domain. Sampai artikel ini terbit, domain berumur lebih mudah mendapatkan posisi bagus di Google dibandingkan web baru.

Apalagi web lama tersebut memiliki riwayat backlink yang berkualitas, dari situs-situs ternama. Semakin mudah merangking keyword di mesin penelusuran Google.

Tidak heran apabila aged domain atau domain berumur dijual dengan harga yang lumayan mahal.

7. Mobile Friendly

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna internet sekarang ini didominasi oleh perangkat seluler, sisanya baru PC. Sehingga, Google mengharuskan website yang muncul di hasil penelusuran teratas mobile friendly.

Yaitu tampilannya tetap bagus dan tidak berubah ketika dibuka dari perangkat seluler. Beruntungnya theme WordPress sekarang banyak yang sudah mobile friendly.

Kamu bisa mencari rekomendasi Theme WordPress responsif, pasti banyak pilihannya.

8. Kecepatan Website

Selain responsif, faktor kenyamanan pengguna juga ditentukan oleh seberapa cepat halaman bisa dimuat pengguna. Semakin cepat loadingnya, maka semakin memuaskan pengguna.

Google akan mempertimbangkan website yang loadingnya cepat di halaman awal hasil penelusuran, dibandingkan website yang terasa lelet.

Untuk mengetahui cepat atau tidaknya loading websitemu, maka bisa memakai tool seperti GTmetrix.

Kemudian bisa menggunakan theme WordPress paling ringan dan melengkapi website dengan plugin kompres gambar.

9. Satu Niche

Topik yang dibahas oleh website ternyata bisa menjadi faktor yang mempengaruhi ranking situs dalam pencarian Google. Google lebih menyukai website yang satu topik pembahasan, daripada campur-campur.

Kita ambil contoh, website A fokus membahas tentang otomotif. Sedangkan website B membahas otomotif, berita selebriti, teknologi, kesehatan dan lain-lain.

Ketika pengguna mencari informasi tentang otomotif, maka website A yang lebih dulu diprioritaskan daripada website B.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai sembilan faktor yang mempengaruhi ranking situs dalam pencarian Google. Sekarang kamu sudah paham apa saja yang perlu dimaksimalkan.

Harapannya adalah bisa menaikkan posisi ranking website di Google atau mempertahankannya jika sudah baik. Ingatlah bahwa SEO ada banyak faktor, sehingga tidak bisa dilihat dari salah satu bagian saja dalam merangking website.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “9 Faktor Yang Mempengaruhi Ranking Situs Dalam Pencarian Google”

Tinggalkan komentar