Kata kunci adalah elemen penting bagi setiap blogger dalam membuat konten. Dengan keyword atau kata kunci yang tepat, seorang blogger bisa menduduki peringkat pertama hasil pencarian Google dan mendapatkan banyak kunjungan. Itulah mengapa kamu perlu memahami bagaimana cara riset kata kunci yang tepat dan efektif.
Riset kata kunci adalah tahap awal sebelum akhirnya membuat artikel. Inilah yang nantinya bakal kamu bahas dan menentukan bagimana nasib blog kedepannya. Jika sampai salah memilih kata kunci, blog kalian tidak bisa berkembang seperti yang diharapkan.
Tentu hal tersebut tidak diinginkan oleh setiap blogger. Daripada kamu hanya bingung, mari disimak cara riset kata kunci yang tepat dan efektif berikut ini.
Cara Riset Kata Kunci yang Tepat dan Efektif
1. Memahami Komponen Dasar Riset Keyword
Sebagai seorang pemula, kamu harus memahami bahwa selama proses riset kata kunci ada empat komponen dasar yang harus dipahami. Yaitu sebagai berikut:
Search Volume : Seberapa banyak kata kunci dicari oleh pengguna. Ini bisa menjadi gambaran umum banyaknya pengunjung ke blog kamu nanti.
- Keyword Difficulty : Tingkat persaingan di peringkat teratas mesin pencari Google. Semakin tinggi keyword difficulty, maka web-web besar yang menguasainya.
- Keyword Suggestion : Kata Kunci yang relevan dengan keyword utama. Ini berguna untuk membantu kalian menemukan variasi kata kunci yang lebih baik.
- SERP : Adalah mesin pencari seperti Google yang menampilkan hasil akhir penelusuran kata kunci. Termasuk cuplikan teks, tautan ke website, gambar, video dan sebagainya.
2. Memahami Niche Blog
Niche blog adalah topik pembahasan pada sebuah blog atau website. Semisal blog kalian membahas tentang tutorial membongkar mesin sepeda motor, berarti niche blog tersebut adalah otomotif.
Setiap niche blog memiliki skala prioritas berbeda. Gambaran umumnya kurang lebih seperti berikut:
- Blog dengan konten informasi sebaiknya memprioritaskan Volume, Keyword Difficulty dan terakhir intent.
- Blog dengan konten menjual produk fisik sebaiknya memprioritaskan Volume, Intent dan terakhir Keyword Difficulty.
- Blog dengan konten menjual layanan atau jasa sebaiknya memprioritaskan Intent, Volume dan terakhir Keyword Difficulty.
3. Menggunakan Google Trends
Setelah kalian memahami komponen dasar dari riset keyword dan prioritas berdasarkan niche blog, cara riset kata kunci yang tepat berikutnya adalah memanfaatkan Google Trends.
Pasti kalian bertanya, mengapa Google Trends? Jawabannya simpel, karena dari sini kita bisa mengetahui apa saja yang sedang banyak dicari oleh pengguna di mesin penelusuran.
Google Trends akan menampilkan data pencarian selama periode tertentu dan menjunkkannya dalam bentuk grafik. Nah, grafik itulah yang menjadi patokan apakah kata kunci layak buat ditulis atau tidak.
- Pertama, silahkan ketik Google Trends dan buka.
- Di kolom pencarian, tulis kata kunci sesuai Niche blog. Semisal “Hp Xiaomi”.
- Tunggu sebentar, nanti Google Trends akan menampilkan kata kunci apa yang sedang banyak dicari.
- Silahkan ubah periode waktunya menjadi 90 hari terakhir.
- Selesai.
4. Menggunakan KeywordTool.io
Sebagai blogger pemula, blog yang kamu miliki masih belum memiliki kekuatan untuk bersaing di halaman pencarian Google.
Terlebih lagi jika di keyword tersebut sudah dikuasai oleh media-media besar seperti Detik, Merdeka, Kumparan dan sebagainya.
Jangan khawatir, kamu bisa fokus membuat artikel dengan long tail keyword atau kata kunci panjang.
Alih-alih membuat artikel berjudul “cara screenshot di hp”, kamu bisa memilih kata kunci lebih spesifik menjadi “cara screenshot di hp Infinix Hot 11 Play”.
Untuk menemukan long tail keyword, kamu bisa memanfaatkan website KeywordTool.io. Di kolom pencarian, kamu bisa mengatur menjadi Google Indonesia dan memasukkan ide dasar.
Semisal “cara menghapus aplikasi”, nantinya KeywordTool.io menampilkan long tail keyword yang relevan. Inilah yang bisa menjadi ide konten di blog kamu kedepannya.
5. Cek Langsung di SERP
Setelah menemukan ide long tail keyword di KeywordTool.io, kamu bisa mencari tahu seberapa tinggi persaingannya di Google. Ketikkan kata kunci yang ingin dipilih, kemudian lihat hasilnya.
Apabila yang muncul adalah media-media besar dengan judul artikel sama, silahkan lewati kata kunci tersebut. Sedangkan jika yang muncul masih website-website baru, maka tandanya persaingan masih rendah.
Kata kunci tersebut berarti layak buat dipilih sebagai judul postingan selanjutnya.
Demikianlah pembahasan mengenai enam cara riset kata kunci yang tepat dan efektif buat pemula. Tips diatas berdasarkan pengalaman admin dalam menemukan ide postingan, semoga bermanfaat.
Tinggalkan komentar
Anda harus masuk untuk berkomentar.