6 Cara Riset Kata Kunci Yang Tepat dan Efektif

Faradila

21 comments

Link
Grafik dengan kaca pembesar yang berfokus pada ikon target yang berisi kata "kata kunci", dengan latar belakang ungu dengan teks "6 cara penelitian kata kunci yang tepat dan efektif.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Kata kunci adalah elemen penting bagi setiap blogger dalam membuat konten. Dengan keyword atau kata kunci yang tepat, seorang blogger bisa menduduki peringkat pertama hasil pencarian Google dan mendapatkan banyak kunjungan. Itulah mengapa kamu perlu memahami bagaimana cara riset kata kunci yang tepat dan efektif.

Riset kata kunci adalah tahap awal sebelum akhirnya membuat artikel. Inilah yang nantinya bakal kamu bahas dan menentukan bagimana nasib blog kedepannya. Jika sampai salah memilih kata kunci, blog kalian tidak bisa berkembang seperti yang diharapkan.

Tentu hal tersebut tidak diinginkan oleh setiap blogger. Daripada kamu hanya bingung, mari disimak cara riset kata kunci yang tepat dan efektif berikut ini.

Cara Riset Kata Kunci yang Tepat dan Efektif

1. Memahami Komponen Dasar Riset Keyword

Sebagai seorang pemula, kamu harus memahami bahwa selama proses riset kata kunci ada empat komponen dasar yang harus dipahami. Yaitu sebagai berikut:

Search Volume : Seberapa banyak kata kunci dicari oleh pengguna. Ini bisa menjadi gambaran umum banyaknya pengunjung ke blog kamu nanti.

  • Keyword Difficulty : Tingkat persaingan di peringkat teratas mesin pencari Google. Semakin tinggi keyword difficulty, maka web-web besar yang menguasainya.
  • Keyword Suggestion : Kata Kunci yang relevan dengan keyword utama. Ini berguna untuk membantu kalian menemukan variasi kata kunci yang lebih baik.
  • SERP : Adalah mesin pencari seperti Google yang menampilkan hasil akhir penelusuran kata kunci. Termasuk cuplikan teks, tautan ke website, gambar, video dan sebagainya.

2. Memahami Niche Blog

Niche blog adalah topik pembahasan pada sebuah blog atau website. Semisal blog kalian membahas tentang tutorial membongkar mesin sepeda motor, berarti niche blog tersebut adalah otomotif.

Setiap niche blog memiliki skala prioritas berbeda. Gambaran umumnya kurang lebih seperti berikut:

  • Blog dengan konten informasi sebaiknya memprioritaskan Volume, Keyword Difficulty dan terakhir intent.
  • Blog dengan konten menjual produk fisik sebaiknya memprioritaskan Volume, Intent dan terakhir Keyword Difficulty.
  • Blog dengan konten menjual layanan atau jasa¬†sebaiknya memprioritaskan Intent, Volume dan terakhir Keyword Difficulty.

3. Menggunakan Google Trends

Setelah kalian memahami komponen dasar dari riset keyword dan prioritas berdasarkan niche blog, cara riset kata kunci yang tepat berikutnya adalah memanfaatkan Google Trends.

Pasti kalian bertanya, mengapa Google Trends? Jawabannya simpel, karena dari sini kita bisa mengetahui apa saja yang sedang banyak dicari oleh pengguna di mesin penelusuran.

Google Trends akan menampilkan data pencarian selama periode tertentu dan menjunkkannya dalam bentuk grafik. Nah, grafik itulah yang menjadi patokan apakah kata kunci layak buat ditulis atau tidak.

Advertisements
  • Pertama, silahkan ketik Google Trends dan buka.
  • Di kolom pencarian, tulis kata kunci sesuai Niche blog. Semisal “Hp Xiaomi”.
  • Tunggu sebentar, nanti Google Trends akan menampilkan kata kunci apa yang sedang banyak dicari.
  • Silahkan ubah periode waktunya menjadi 90 hari terakhir.
  • Selesai.

4. Menggunakan KeywordTool.io

Sebagai blogger pemula, blog yang kamu miliki masih belum memiliki kekuatan untuk bersaing di halaman pencarian Google.

Terlebih lagi jika di keyword tersebut sudah dikuasai oleh media-media besar seperti Detik, Merdeka, Kumparan dan sebagainya.

Jangan khawatir, kamu bisa fokus membuat artikel dengan long tail keyword atau kata kunci panjang.

Alih-alih membuat artikel berjudul “cara screenshot di hp”, kamu bisa memilih kata kunci lebih spesifik menjadi “cara screenshot di hp Infinix Hot 11 Play”.

Untuk menemukan long tail keyword, kamu bisa memanfaatkan website KeywordTool.io. Di kolom pencarian, kamu bisa mengatur menjadi Google Indonesia dan memasukkan ide dasar.

Semisal “cara menghapus aplikasi”, nantinya KeywordTool.io menampilkan long tail keyword yang relevan. Inilah yang bisa menjadi ide konten di blog kamu kedepannya.

5. Cek Langsung di SERP

Setelah menemukan ide long tail keyword di KeywordTool.io, kamu bisa mencari tahu seberapa tinggi persaingannya di Google. Ketikkan kata kunci yang ingin dipilih, kemudian lihat hasilnya.

Apabila yang muncul adalah media-media besar dengan judul artikel sama, silahkan lewati kata kunci tersebut. Sedangkan jika yang muncul masih website-website baru, maka tandanya persaingan masih rendah.

Kata kunci tersebut berarti layak buat dipilih sebagai judul postingan selanjutnya.

Demikianlah pembahasan mengenai enam cara riset kata kunci yang tepat dan efektif buat pemula. Tips diatas berdasarkan pengalaman admin dalam menemukan ide postingan, semoga bermanfaat.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

21 tanggapan untuk “6 Cara Riset Kata Kunci Yang Tepat dan Efektif”

  1. Avatar Dian Sastro
    Dian Sastro

    gimana sih cara pake google trends buat riset keyword? aku baru mulai nulis blog dan pengen tau lebih banyak. thx ya

  2. Avatar Rendy Kurniawan
    Rendy Kurniawan

    Menurut pengalaman aku, memang bener sih, menggunakan Google Trends itu membantu banget buat tau tren keyword saat ini. Tapi, perlu diperhatikan juga, kadang tren bisa berganti sangat cepat sehingga kita harus selalu update.

  3. Avatar Lia Pramudita
    Lia Pramudita

    nah loh, aku pikir tren itu kayak fashion, gak taunya bisa dipake buat cari kata kunci juga, dunia ini penuh kejutan ya haha.

  4. Avatar Aji Santoso
    Aji Santoso

    Artikel tentang riset kata kunci ini beneran berguna banget buat aku yang lagi coba optimasi SEO usaha kecilku. Detailnya membantu, terutama cara cek langsung di SERP itu, yang menurutku paling praktis. Makasih ya Faradila.

  5. Avatar Reni Marlina
    Reni Marlina

    Baru banget mau coba nulis blog karena banyak waktu luang di rumah. Baca part tentang memahami niche blog itu kerasa banget pentingnya ya. Aku masih bingung, niche itu harus spesifik banget gak sih? Misalnya, cukup ‘masakan rumahan’ atau harus lebih spesifik kayak ‘masakan rumahan Jawa’ gitu?

  6. Avatar Andika Mahesa
    Andika Mahesa

    gua setuju sih sama poin keywordtool.io, tapi jangan lupa ya, tools lain juga banyak yang oke. jangan terpaku satu tools doang. contohnya ahrefs atau semrush, itu juga mantap buat riset keyword.

  7. Avatar Fajar Nugraha
    Fajar Nugraha

    Artikelnya menarik, membahas cara riset kata kunci dengan berbagai metode. Penting bagi semua, terutama buat yang bergerak di digital marketing. Cuma ingat, implementasi dan konten yang berkualitas juga nggak kalah pentingnya.

  8. Avatar Nia Ramadhani
    Nia Ramadhani

    keywordtool.io itu kayak kamus cinta aku buat bisnis baru, butuh tapi kadang bingung mau pake kata yang mana haha. artikelnya keren sih, eye opening gitu loh.

  9. Avatar Bayu Dirgantara
    Bayu Dirgantara

    Analisis yang cukup mendalam tentang riset kata kunci. Dari komponen dasar hingga pemakaian tools spesifik. Akan sangat membantu bagi yang baru terjun ke SEO. Satu catatan, penggunaan tools harus diimbangi dengan pemahaman konteks bisnis atau niche secara mendalam. Data dari tools itu raw, dan butuh eyes of an expert buat menarik insight yang berharga.

  10. Avatar Wulan Ratna
    Wulan Ratna

    suka banget sama artikelnya. bikin aku jadi pengen lebih ngulik lagi tentang SEO dan riset keyword. keren lah pokoknya.

  11. Avatar Putra Wijaya
    Putra Wijaya

    Membaca artikel ini, saya menjadi lebih paham mengenai pentingnya riset keyword dan bagaimana melakukannya dengan efektif. Sangat berguna terutama bagi kami yang sedang berusaha meningkatkan kehadiran online melalui konten yang relevan. Kerja bagus Faradila.

  12. Avatar Dita Karang
    Dita Karang

    kak, buat vlog travel enaknya fokus ke keyword apa ya? aku baru mau expand dari youtube ke blog nih. thx before.

  13. Avatar Bagus Prakoso
    Bagus Prakoso

    Menarik sih artikelnya, tapi kadang aku merasa riset keyword itu terlalu mengambil banyak waktu. Lebih baik fokus ke membuat konten yang berkualitas aja gak ya? tapi yaa, SEO penting juga sih buat ditemuin orang. dilema.

  14. Avatar Hesti Kusuma
    Hesti Kusuma

    duh, riset kata kunci mah ribet banget. aku mah mending bikin konten apa adanya aja, yang penting happy. yang baca juga happy. simple aja gitu loh.

  15. Avatar Ganjar Pranowo
    Ganjar Pranowo

    Sangat mengapresiasi artikel ini. Sebagai seorang yang aktif di bidang politik, memahami riset kata kunci sangat penting untuk menjangkau lebih banyak pemilih potensial melalui online. Faradila telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam menjelaskan dasar-dasar yang sangat penting ini.

  16. Avatar Retno Marsudi
    Retno Marsudi

    Informasi yang disajikan sangat berguna bagi saya yang sedang belajar digital marketing. Risiko dan strategi kata kunci merupakan hal yang baru bagi saya, dan artikel ini memberikan panduan yang sangat jelas tentang bagaimana memulainya.

  17. Avatar Fahri Hamzah
    Fahri Hamzah

    Buat aku pribadi, penting sih riset kata kunci itu, tapi gak bisa stand alone. harus ada pendekatan lain seperti analisa sentimen dan pemahaman target audiens yang mendalam. riset kata kunci doang gak cukup buat menang di ranah digital.

  18. Avatar Sherina Munaf
    Sherina Munaf

    bener banget nih, riset kata kunci itu penting banget. aku sendiri sebagai musisi yang aktif di media sosial sering banget lakuin ini buat meningkatkan reach. artikelnya keren, langsung to the point dan mudah dimengerti. good job!

  19. Avatar Billy Syahputra
    Billy Syahputra

    kata kunci itu kayak jodoh, ya? ada yang nyari sampe keliling dunia, eh tapi ternyata jodohnya ada di google trends. hahaha. artikelnya kocak abis, tapi informatif sih, good job.

  20. Avatar Raisa Andriana
    Raisa Andriana

    Sangat tertarik dengan bagian menggunakan Google Trends itu. Sebagai artis, aku mencoba cari tahu cara lain untuk terhubung dengan fans dan penggemar di segala platform. Riset kata kunci seperti ini kunci untuk strategi kontenku. Terima kasih banyak atas insightnya.

  21. Avatar Cinta Laura
    Cinta Laura

    itu keywordtool.io bayar gak sih? mau coba tapi takut mahal. trus kalo kita udah punya keyword, langkah selanjutnya apa? harus langsung nulis atau ada riset lagi yang harus dilakuin? penasaran deh.

Tinggalkan komentar