6 Cara Mencegah Serangan DDoS Yang Efektif dan Ampuh

Faradila

0 Comment

Link
Ilustrasi grafis yang menunjukkan perisai berbentuk kubah yang membelokkan tiga anak panah, dengan teks dalam bahasa indonesia yang diterjemahkan menjadi "6 cara efektif dan ampuh untuk mencegah serangan ddos". latar belakang berwarna hijau.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Serangan DDoS adalah masalah serius yang harus segera diselesaikan oleh pemilik website, ketika itu terjadi. Sebab, serangan ini membuat performa website menurun secara drastis dan untuk kondisi tertentu tidak bisa diakses sama sekali. Penting bagi kita mengetahui cara mencegah serangan DDoS.

Serangan DDoS sangatlah merugikan, baik untuk sekarang ataupun jangka panjang. Yaitu perihal hilangnya pengunjung potensial dan mereka biasanya tidak ingin berkunjung lagi di lain waktu.

Sebab, ketika pertama kali ingin membuka website tersebut loadingnya lama atau tidak sama sekali. Sehingga, penting melakukan upaya-upaya pencegahan DDoS.

Tanpa banyak basa-basi, bagaimana kalau disimak cara mencegah serangan DDoS berikut ini.

Cara Mencegah Serangan DDoS yang Penting Dipahami Pemula

Jika kamu berpikir bahwa serangan DDoS hanya menyerang website perusahaan besar atau pemerintah, maka salah besar. Semua website bisa saja terkena serangan DDoS, bahkan untuk situs yang skala menengah ke bawah.

Kita tidak pernah tahu kapan serangan DDoS menyerang website, sehingga perlu melakukan tindakan pencegahan.

1. Rutin Memperbaharui Sistem

Sebagai seorang pemilik website, kamu harus menyadari dahulu bahwa serangan siber itu nyata adanya. Sehingga, memperbaharui sistem secara rutin adalah langkah paling tepat sebagai upaya pencegahan.

Memperbaharui sistem ke versi terbaru membuatnya mendapatkan berbagai macam fitur tambahan, sekaligus tingkat keamanan yang semakin diperkuat.

Meskipun sudah tahu pentingnya memperbaharui sistem ke versi terbaru, namun masih banyak yang masih menyepelekannya.

Padahal, ini adalah langkah sederhana namun efektif dalam mencegah serangan DDoS.

2. Monitoring Traffic

Seperti yang sudah dijelaskan di postingan sebelumnya tentang apa itu serangan DDoS, serangan ini membuat website target mengalami peningkatan trafik diluar kebiasaan. Maksudnya adalah peningkatan trafik tersebut kurang realistis.

Untuk mengetahui apakah website yang kamu miliki aman atau justru terkena serangan DDoS, maka penting memantau trafik website.

Jika melihat adanya peningkatan trafik tidak biasa, kamu harus curiga. Terlebih lagi trafik tersebut mencapai puluhan ribu dalam sekejap.

Dengan memantau trafik, kamu bisa lebih cepat mengetahui adanya serangan DDoS dan mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Advertisements

3. Memakai Cloud Server

Seiring dengan aksi serangan siber yang semakin beragam dan canggih, sudah seharusnya kamu update tentang teknologi terkini. Seperti lebih memilih cloud server sebagai rumah website milikmu, daripada server tradisional.

Salah satu alasannya adalah layanan cloud server memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Penyedia layanan hosting yang menjual cloud server pastinya ingin memberi yang terbaik kepada para pengguna.

Cloud server hadir dengan infrastruktur terpusat dan dibekali teknologi canggih. Disamping itu, penyedia layanan hosting biasanya memiliki tim khusus yang bertugas memantau dan mengelola keamanan sistem secara berkala.

4. Memblokir Sumber Trafik Mencurigakan

Ketika trafik yang masuk ke website tiba-tiba melonjak secara drastis dan kamu curiga bahwa itu serangan DDoS, maka bisa langsung memblokir sumber mencurigakan.

Load Balance adalah tool canggih yang bisa kamu manfaatkan untuk membagi trafik website ke beberapa server. Kamu memiliki kontrol penuh untuk mengatur lalu lintas di website.

Dengan demikian, server website hanya akan melayani permintaan data dari sumber terpercaya.

Serangan DDoS menjadi tidak efektif lagi dan mencegah server down karena banyaknya trafik yang masuk.

5. Memakai Proteksi Berlapis

Cara mencegah serangan DDoS berikutnya adalah menggunakan proteksi berlapis. Kamu bisa melakukannya dengan mengkombinasikan VPN, firewall dan content filtering.

Proteksi berlapis seperti ini tentu memiliki tingkat keamanan yang lebih baik daripada opsi keamanan default. Termasuk mencegah adanya serangan DDoS.

6. Memilih Layanan Keamanan yang Tepat

Jika kamu tidak ingin ribet mengurus keamanan website sendiri, solusinya adalah menggunakan layanan keamanan siber.

Di internet sendiri ada banyak penyedia jasa yang bisa dipilih, biasanya layanan hosting menyediakan fitur ini.

Penyedia layanan siber memiliki firewall atau sistem keamanan yang bisa melindungi server atau jaringan internet milikmu dari serangan malware, spam dan virus.

Setiap layanan siber menawarkan paket harga yang beragam, begitupun kelebihan masing-masing. Kamu bisa menyesuaikannya menurut kebutuhan masing-masing.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara mencegah serangan DDoS yang bisa kamu terapkan. Semoga uraian diatas membantu kalian lebih memahami pentingnya keamanan siber.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “6 Cara Mencegah Serangan DDoS Yang Efektif dan Ampuh”

Tinggalkan komentar