7 Cara Menaikkan Domain Authority Website Yang Efektif

Faradila

0 Comment

Link
Ilustrasi kaca pembesar di atas simbol domain dengan teks "www" dan judul "7 cara menaikkan otoritas domain situs web yang efektif.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Domain Authority adalah sebuah penilaian website di mata mesin pencari Google. Semakin tinggi skornya, semakin bagus pula nilai website di hasil penelusuran. Website dengan DA tinggi lebih mudah mendapatkan ranking di Google. Sehingga tidak heran apabila banyak orang penasaran dengan cara menaikkan Domain Authority.

Setelah mengecek Domain Authority dan mengetahui berapa nilainya, sebagai pemilik website kamu pasti ingin meningkatkannya. Terlebih lagi jika website-website pesaing yang membahas niche sama, memiliki skor DA tinggi.

Agar websitemu kalah saing, penting banget mengetahui cara menaikkan Domain Authority. Silahkan dipahami baik-baik uraian sebagai berikut.

Cara Menaikkan Domain Authority yang Efektif

Sebelum memulai lebih lanjut, kamu harus tahu bahwa Domain Authority bukanlah parameter yang diciptakan oleh Google. Namun, faktor-faktor yang menentukan skornya relevan dengan parameter SEO Google.

Sehingga, Domain Authority tidak bisa dijadikan parameter pasti untuk menentukan rangking website. Namun, tidak ada salahnya mengejar skor tinggi karena relevan dengan konteks SEO.

1. Pilih Keyword yang Tepat

Kata kunci adalah jembatan antara pengguna internet dengan websitemu. Pilihlah keyword yang tepat agar bisa mendapat pengunjung. Sehingga, visibilitas website meningkat dan skor DA otomatis ikut naik.

Sebuah keyword dikatakan tepat, ketika tingkat persaingannya sesuai nilai SEO website. Sehingga, tidak sulit mendapat peringkat paling atas di hasil penelusuran.

Ketika artikel yang kamu terbitkan berhasil muncul di urutan pertama, maka berpotensi mendapat pengunjung. Semakin banyak pengunjung ke website, Google semakin percaya dan meningkatkan nilai SEO.

2. Upload Konten Berkualitas

Tidak cukup hanya dengan memilih keyword yang tepat, kamu harus memastikan artikel di website sepenuhnya berkualitas. Yaitu artikel yang ditulis manual, bukan full AI apalagi copy paste.

Artikel yang berkualitas ditulis berdasarkan informasi dan data valid, buka asap mengarang. Artikel juga mematuhi kaidah SEO, didukung gambar relevan dan mudah dimengerti pembaca.

Cara menaikkan Domain Authority satu ini memang terdengar sulit, namun efek kedepannya sangatlah bagus buat SEO website.

3. Memperbaiki Link Building

Dari sekian banyak faktor yang menentukan skor DA PA, link building adalah penyumbang paling besar. Sehingga, semakin bagus link building website maka nilai DA PA juga semakin tinggi.

Link building yang bagus dibagi menjadi dua macam. Pertama, dilihat dari jumlah backlink yang didapat. Dengan mengarahkan pengunjung website lain ke link website sendiri, ini memberi sinyal kepada Google bahwa web kita patut diperhitungkan.

Sebab, dipercaya sebagai referensi atau direkomendasikan website lain. Sekaligus meningkatkan brand awareness.

Kedua, dilihat dari website yang memberikan backlink. Pastikan website tersebut memiliki reputasi yang baik di Google dan bukan web spam.

Advertisements

Sehingga, cara menaikkan Domain Authority yang ampuh adalah mendapatkan banyak backlink dari website berkualitas bagus.

4. Mempercepat Loading Website

Skor DA PA tidak jauh berbeda dari parameter SEO dalam menentukan seberapa baik kualitas web, sehingga salah satu kriteria penilaian bagus atau tidaknya berdasarkan kenyamanan pengguna.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa loading website juga mempengaruhi skor DA.

Kamu bisa mulai melakukan evaluasi dengan mengecek kecepatan website, menggunakan tool gratis seperti GTMetrix. Kemudian dilanjut dengan memakai theme ringan dan plugin kompres gambar.

Dengan mempercepat loading website, nilai SEO website semakin baik. Lebih mudah mendapat posisi di mesin pencari dan pada akhirnya meningkatkan nilai DA PA.

5. Halaman Mobile Friendly

Masih berhubungan dengan kenyamanan pengguna, cara menaikkan Domain Authority berikutnya adalah memastikan halaman mobile friendly. Yang berarti tampilannya tetap bagus dan tidak berubah ketika dibuka dari ponsel.

Tidak sulit memiliki halaman mobile friendly, karena kamu hanya perlu memilih theme yang responsif. Diluar sana sudah ada banyak pilihannya, baik yang berbayar ataupun gratisan.

Google tidak menyukai website yang hanya bagus dibuka dari PC, sedangkan ketika dibuka dari ponsel berantakan. Jika skor SEO saja rendah, maka jangan berharap skor Domain Authority tinggi.

6. Memasang Sitemap

Sitemap adalah file yang menjelaskan seluruh halaman di website. Sesuai namanya, ini adalah peta situs yang berfungsi untuk memudahkan mesin pencari memahami konten dan struktur di website.

Website yang memiliki struktur bagus lebih cepat diindeks oleh mesin penelusuran Google, sehingga mendapatkan skor DA lebih tinggi.

7. Menganalisis Pesaing

Sebagai seorang pemula, kamu pasti merasa bingung bagaimana membuat struktur konten yang berkualitas dan menerapkan strategi link building bagus.

Jangan khawatir, kamu bisa menganalisa website pesaing. Coba pahami struktur artikel yang dibuat, mulai dari gaya penulisan sampai keyword density sebagai pondasi SEO artikel.

Untuk mengetahui sumber backlink mereka, kamu bisa memanfaatkan tool seperti SEMRush, Ahrefs dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai tujuh cara menaikkan Domain Authority yang benar dan efektif. Pahami baik-baik poin diatas dan praktekkan, sehingga skor DA bisa naik.

Pada akhirnya, nilai SEO website semakin bagus dan memudahkan persaingan di mesin pencari Google.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “7 Cara Menaikkan Domain Authority Website Yang Efektif”

Tinggalkan komentar