Cara Cek Domain Authority dan Page Authority Gratis 2024

Faradila

0 Comment

Link
Grafik yang menggambarkan bola dunia dengan "www" di atasnya dan tanda centang, mewakili otoritas domain internet, dengan latar belakang biru kehijauan dengan teks tentang pemeriksaan domain dan otoritas halaman untuk tahun 2024.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Domain Authority adalah salah satu parameter yang bisa menentukan ranking website di mesin penelusuran Google. Sebagai pemilik website, kamu harus tahu berapa skor yang situsmu. Jika masih rendah, maka perlu diperbaiki dan ditingkatkan optimasinya. Sudah tahu belum cara cek Domain Authority?

Selain Domain Authority, ada juga yang disebut sebagai Page Authority. Keduanya sama-sama ditentukan dalam skor 0-100 sebagai parameter keberhasilan optimasi.

Jika optimasi yang kamu lakukan berhasil, sudah pasti DA dan PA website tinggi. Semua pemilik website berlomba-lomba untuk terus meningkatkan keduanya.

Tanpa basa-basi, mari langsung disimak cara cek Domain Authority dan Page Authority berikut.

Apa itu Domain Authority dan Page Authority?

Domain Authority (DA) adalah indikator yang mewakili seberapa baik performa website di mesin pencari. Parameter ini dikembangkan oleh MOZ, sebuah perusahaan terkenal yang bergerak di industri SEO.

Sementara itu, Page Authority (PA) adalah indikator yang mewakili seberapa baik performa sebuah halaman spesifik dari website di mesin pencari. Parameter ini juga dikembangkan oleh MOZ.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, DA PA dinyatakan dalam angka 1-100. Semakin tinggi nilai angkanya, berarti semakin bagus performa website dan halaman di mesin pencari.

Website yang memiliki DA tinggi lebih mudah mendapatkan rangking di halaman pertama Google, dibandingkan website dengan DA rendah.

Meskipun ada beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhinya, namun setidaknya ini sudah menjadi poin plus.

Dibawah ini adalah skor DA PA dan klasifikasinya, yaitu:

  • <30 : Buruk
  • 30 – 40 : dibawah rata-rata
  • 40-50 : rata-rata
  • 50-60 : baik
  • 60-70 : sangat baik
  • >80 : paling baik

Faktor yang Menentukan Skor DA PA

Sebelum membahas bagaimana cara cek Domain Authority dan Page Authority, kalian pasti ingin tahu berdasarkan kriteria apa yang mempengaruhi DA PA. Simak baik-baik penjelasannya dibawah.

1. Jumlah Backlink yang Didapat

Dalam menentukan skor DA PA sebuah website, hal pertama yang dilihat oleh MOZ adalah berapa jumlah backlinknya. Semakin banyak link yang mengarah ke website tersebut, nilai DA pasti semakin tinggi.

Meskipun demikian, tidak semua link memberikan efek positif untuk website. Hanya backlink berkualitas saja yang dihitung untuk meningkatkan skor DA.

2. Backlink Berkualitas

Melanjutkan poin sebelumnya, hanya backlink berkualitas saja yang dihitung dan menentukan skor Domain Authority. Backlink dikatakan berkualitas ketika berasal dari website yang memiliki reputasi baik.

Advertisements

Selain itu, backlink dari website yang relevan dengan niche website milikmu juga terhitung bagus. Sehingga, jangan sampai website yang memberikan backlink backlink tidak relevan dengan niche websitemu.

3. Kecepatan Website

Seperti yang diketahui bersama, kecepatan loading website adalah salah satu parameter SEO. Sehingga, poin ini juga menentukan skor DA PA sebuah website.

Jangan sampai loading websitemu lemot, agar bisa membantu menaikkan skor DA PA. Kamu bisa mengeceknya dahulu, kemudian memperbaiki masalah yang ada.

4. Usia Domain

Website yang sudah lama muncul di internet biasanya memiliki skor DA lebih tinggi dibandingkan situs baru. Usia domain memberikan sedikit keuntungan dari segi SEO, dimana Google lebih mempercainya daripada web baru muncul.

Kendati demikian, masih ada banyak faktor lain yang mempengaruhi peringkat di Google. Sehingga, website baru tidak perlu takut bersaing dengan web lama.

5. Kualitas Konten

Artikel yang memenuhi kriteria SEO dan mudah dipahami pembaca, bisa juga menjadi faktor penentu skor DA PA. Sebab, artikel berkualitas semakin mudah mendapatkan peringkat atas di mesin pencari.

Semakin banyak artikel yang muncul di halaman awal Google, maka nilai DA PA ototmatis mengikuti menjadi lebih besar.

Cara Cek Domain Authority dan Page Authority

Bagi kalian yang sampai sekarang belum tahu tools untuk mengecek domain authority, mari disimak rekomendasinya sebagai berikut.

1. MOZ

Sebagai perusahaan yang menciptakan skor DA PA, MOZ menyediakan tool gratis untuk mengeceknya. Namun, pengguna hanya dibatasi sebanyak 3 kali cek per hari.

Kamu bisa mendaftar dan upgrade ke paket premium apabila ingin mengecek banyak, tanpa batasan. Silahkan ikuti panduan ringkas sebagai berikut:

  • Pertama, buka link https://moz.com/domain-analysis.
  • Masukkan URL websitemu di kolom yang tersedia.
  • Klik Check Authority.
  • Selesai.
  • Jika ingin mengecek PA, klik opsi Compare Link Profiles di bagian Overview.
  • Lanjut klik Exact Page.
  • Nanti akan keluar skor DA dan PA bersamaan.

2. SEO Checker

Tool gratisan lainnya yang bisa dipakai untuk mengecek skor DA PA adalah SEO Checker. Dengan tampilan sederhana, membuat cara cek Domain Authority di SEO Checker sangat mudah. Yaitu seperti berikut:

  • Pertama, buka link https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker/.
  • Kemudian masukkan URL websitemu di kolom yang tersedia.
  • Klik Check Authority.
  • Selesai.

Selain kedua cara cek Domain Authority dan Page Authority diatas, sebenarnya masih ada banyak pilihan tool lain. Seperti Ahrefs dan SEMRush yang berbayar, sampai Prepostseo yang sama-sama gratis.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai pengertian dan cara cek Domain Authority. Sekarang kamu sudah tahu bahwa setiap website memiliki nilai di mesin pencari dan itu diwakilkan oleh DA PA.

Diatas juga dijelaskan langkah-langkah untuk melakukan pengecekan, sehingga bisa dimanfaatkan ketika ingin mengevaluasi skor SEO websitemu.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “Cara Cek Domain Authority dan Page Authority Gratis 2024”

Tinggalkan komentar