Apa Yang Dimaksud Dengan SEM? Kelebihan dan Perbeedaan SEO

Faradila

0 Comment

Link
Ilustrasi tiga anak berbeda dengan laptop dan perangkat seluler, mendiskusikan seo dan sem, dikelilingi ikon dan gelembung digital.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang mungkin belum diketahui sebagian besar orang. Tidak seperti SEO yang dikenal oleh hampir semua pemilik website. Inti kedua teknik ini adalah sama-sama mendapatkan trafik dari mesin pencari. Pada kesempatan ini, mari dibahas bersama apa yang dimaksud dengan SEM berikut.

Mungkin kalian bertanya-tanya, apakah SEM penting dilakukan oleh pemilik situs? Jawabannya adalah tergantung tujuan masing-masing. Apabila ingin mendapat trafik dalam waktu singkat, SEM adalah pilihan terbaik.

Sementara itu, untuk tujuan jangka panjang jangan melupakan SEO. Keduanya juga bisa digabungkan agar hasilnya semakin bagus.

Apa yang dimaksud dengan SEM? Mari disimak uraian seperti dibawah.

Apa yang Dimaksud Dengan SEM?

Search Engine Marketing atau SEM adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan mesin pencari sebagai platform promosi. Singkatnya adalah beriklan di mesin pencari seperti Google.

Kamu tidak perlu melakukan berbagai upaya memenuhi kriteria algoritma Google untuk tampil di hasil pencarian teratas, namun cukup membayar biaya iklan.

Konsepnya adalah Pay per Click atau membayar setiap website diklik oleh pengguna.

Perbedaan SEO dan SEM

Meskipun sama-sama bertujuan menempatkan website di posisi pertama hasil penelusuran keyword tertentu, namun SEO dan SEM memiliki perbedaan yang signifikan.

SEO fokus terhadap optimasi website dan artikel agar sesuai algoritma Google, sehingga mendapatkan ranking di hasil penelurusan. Dalam praktiknya, SEO tidak membutuhkan biaya.

Sementara itu, SEM tidak perlu mengoptimasi website dan artikel sebagaimana dalam praktek SEO. Pemilik website hanya perlu membayar biaya iklan kepada Google, maka websitenya sudah bisa muncul di hasil pencarian teratas.

Maka bisa disimpulkan bahwa SEO adalah teknik gratisan dan SEM teknik berbayar agar website muncul di halaman pertama mesin pencari.

Berbagai Kelebihan SEM Daripada SEO

Dalam prakteknya, baik itu SEM ataupun SEO memiliki keunggulan masing-masing. Sehingga, kamu tidak bisa menganggap satu lebih baik dan lainnya tidak.

Kali ini kita akan mencari tahu lebih lanjut beberapa kelebihan SEM dibandingkan SEO. Bukan berarti SEO lebih buruk, namun kembali lagi semua memiliki keunggulan sendiri.

1. Mendapatkan Brand Awareness Lebih Cepat

SEO adalah proyek jangka panjang sehingga website bisa mendapatkan posisi di halaman utama. Meskipun prosesnya bisa lebih cepat dengan membeli aged domain yang sudah memiliki backlink bagus, namun secara umum membutuhkan waktu lama.

Berbeda dengan SEM yang memungkinkan website baru untuk muncul di posisi paling atas mesin pencari. Tidak peduli berapapun usia website tersebut, selama membayar biaya iklan di Google maka bisa diusahakan.

Advertisements

Oleh karena itu, SEM adalah pilihan tepat bagi mereka yang ingin meningkatkan brand awareness lebih cepat. Tidak perlu menunggu sampai berbulan-bulan untuk mendapatkan hasilnya.

Setiap pengguna mengetikkan keyword tertentu, Google akan menampilkan website pengiklan di halaman pertama. Meskipun tidak diklik, minimal mereka tahu bahwa website tersebut ada.

Inilah yang dinamakan kampanye untuk mendapatkan brand awareness atau kesadaran merek.

2. Conversion Lebih Cepat

Sebagai platform iklan atau media promosi, Google tentu saja memiliki fitur khusus yang memungkinkan pengiklan membuat kampanye untuk target audiens spesifik.

Ini sangat berguna demi kesuksesan kampanye mereka, karena menargetkan pengguna yang tepat.

Target audiens yang spesifik berdasarkan kriteria tertentu, memungkinkan pesan didalam iklan sampai di hati pengguna, sehingga dorongan untuk membeli, mengunduh dan mengklik lebih besar.

3. Bersaing dengan Kompetitor

Apakah kamu baru memiliki website, sedangkan kompetitor sudah lama terjun ke digital marketing khususnya website? Kalau begitu, SEM bisa menjadi pilihan tepat agar bersaing.

Dengan memunculkan website di hasil teratas Google, masyarakat juga akan mengenal bisnismu. Bisa menyusul ketertinggalan yang selama ini didahului kompetitor.

4. Biaya yang Lebih Murah Dibandingkan Iklan Tradisional

Promosi di televisi, billboard dan media cetak membutuhkan biaya yang mahal, khususnya bagi bisnis yang sedang merintis. Beruntunglah ada SEM yang biayanya jauh lebih murah dan bisa disesuaikan menurut anggaran masing-masing.

Kamu bisa beriklan di Google mulai dari ratusan ribu. Websitemu sudah bisa muncul di halaman awal dan menargetkan audiens spesifik.

Contoh SEM yang Sudah Ada di Google

Untuk menemukan contoh SEM, sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci tertentu di Google, semisal “rental mobil Jogja”.

Di hasil penelusuran, nanti muncul banyak website rental mobil Jogja. Jika disamping URL website ada tulisan iklan, berarti situs tersebut memakai SEM.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan SEM. Kesimpulannya adalah SEM bisa dipakai untuk mendapat posisi teratas di Google secara instan.

Kamu perlu membayar biaya iklan, sebagai imbalan layanan ini. SEM bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness, konversi dan hasil dalam waktu singkat.

Namun, penting memahami ilmu dasar SEM sebelum memulai kampanye agar hasilnya bisa maksimal. Sama seperti SEO, apabila hanya dilakukan sembarangan maka kurang memuaskan.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “Apa Yang Dimaksud Dengan SEM? Kelebihan dan Perbeedaan SEO”

Tinggalkan komentar