Apa Itu Link Building? Inilah Jenis dan Manfaatnya Dalam SEO

Faradila

0 Comment

Link
Ilustrasi perangkat digital dengan ikon terkait link building di seo, disertai latar belakang abstrak warna-warni dan teks berbahasa indonesia tentang link building.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Link building adalah istilah yang akan sering kita dengar ketika mempelajari SEO. Ilmu SEO yang kompleks menuntut setiap pemilik website mempelajari berbagai macam hal, agar bisa merangking website miliknya di hasil penelurusan Google. Jika kamu belum tahu apa itu link building, mari kita bahas bersama.

Link building menjadi satu dari tiga faktor yang menentukan ranking website di Google. Nama lain yang biasa digunakan oleh pemilik website untuk menyebut link building adalah membangun baclink.

Menurut survei yang ada, semakin banyak backlink ke website maka semakin bagus posisinya. Daripada bingung memahami apa itu link building, silahkan baca uraian dibawah sampai selesai.

Apa itu Link Building?

Link building adalah proses mengumpulkan link yang mengarah ke website kita. Link ini disebut sebagai backlink dan bermanfaat untuk meningkatkan otoritas web atau referral domain.

Referral domain merupakan salah satu faktor penting dari SEO. Semakin tinggi referral domain, maka semakin mudah pula bagi website muncul di halaman awal Google.

Strategi membangun backlink dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan Google terhadap sebuah domain. Hal tersebut penting dilakukan khususnya bagi website baru.

Ketika Google sudah percaya terhadap domain, ia akan menilai bahwa artikelnya layak direkomendasikan kepada pengguna dan muncul di halaman awal.

Link building adalah bagian dari SEO Off Page yang menjadi kunci keberhasilan. Sehingga tidak heran apabila semua pemilik website berlomba-lomba mendapatkan backlink.

Jenis-Jenis Link Building Didalam SEO

Bagi pemula yang belum tahu, link building dibedakan menjadi dua bagian. Keduanya sama-sama penting untuk dilakukan, sehingga diharapkan lebih mudah merangking website.

Internal Link Building

Internal link building adalah proses mengumpulkan backlink dari satu halaman ke halaman lain di website. Tentu saja yang masih relevan dan berhubungan satu sama lain.

Kita ambil contoh, kamu memiliki blog tutorial tekno. Ada artikel yang membahas “cara mengupload foto profil di Facebook”, maka kamu bisa membuat tautan yang mengarah ke artikel “cara mengatasi lupa sandi Facebook” dan sebaliknya.

Internal link building tidak kalah penting dari backlink website lain. Itulah mengapa setiap plugin SEO seperti Yoast, selalu merekomendasikan pengguna menyematkan internal link.

Eksternal Link Building

Eksternal link building adalah proses mengumpulkan backlink dari website lain. Sama seperti sebelumnya, website yang memberikan backlink sebaiknya relevan dengan website kita.

Kita ambil contoh, kamu memiliki website yang membahas “digital marketing”. Maka website yang memberikan backlink sebaiknya membahas “digital marketing” atau subtemanya.

Advertisements

Manfaat Menggunakan Teknik Link Building Dalam SEO

Sebagai bagian dari SEO, link building tentu memberikan banyak manfaat bagi website. Jika kamu belum mengetahuinya, yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Branding Website

Setiap website baru pasti belum banyak dikenal oleh pengguna di internet. Nah, dengan membangun backlink di website orang lain bisa mempromosikannya sehingga dikenal oleh banyak orang.

Pengunjung website yang sebelumnya tidak mengenal nama situs kamu, menjadi paham. Meskipun tidak semua mengklik tautan tersebut, minimal mereka tahu nama websitemu.

2. Meningkatkan Otoritas Domain

Manfaat lain dari backlink adalah membantu meningkatkan otoritas domain dimata Google, yang berarti websitemu semakin dipercaya oleh mesin pencari untuk ditampilkan di peringkat atas.

Otoritas domain bisa ditingkatkan secara signifikan dengan link building yang tepat dan konsisten. Yaitu link building yang bukan hanya fokus pada jumlah, melainkan juga kualitasnya.

3. Investasi Jangka Panjang

Link building memang identik dengan langkah-langkah berbayar. Ini mirip kita mengiklankan website di situs orang lain. Apalagi menanam backlink di media-media besar.

Namun, uang yang sudah kamu keluarkan sebanding dengan manfaatnya. Nilai otoritas domain meningkat, posisi di Google semakin baik dan membuat trafik semakin berkembang.

4. Meningkatkan Trafik

Dari semua manfaat link building yang sudah disebutkan sebelumnya, trafik adalah tujuan utama dari teknik SEO Off Page ini. Setiap pemilik website berharap backlink yang sudah ditanamkan, mampu mendorong jumlah pengunjung.

Untuk website toko online, trafik mendatangkan lebih banyak pembeli. Bagi blog pribadi yang mengandalkan Google Adsense, trafik memberikan klik iklan lebih banyak.

Pada akhirnya, semua orang ingin melihat pertumbuhan bisnis yang sudah dijalankan.

5. Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Pertumbuhan bisnis adalah buah manis dari link building yang sukses. Itulah alasan mengapa kalian tidak boleh menyepelekan pentingnya link building yang baik dan benar.

Semakin tinggi persaingan website di halaman pertama Google, link building yang dilakukan juga harus semakin banyak. Begitupun sebaliknya, kamu bisa menciptakan link building secukupnya jika persaingan masih tergolong ringan.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai apa itu link building dan manfaatnya. Dari uraian diatas bisa disimpulkan, backlink dalam konteks SEO adalah link yang menuju ke website kita.

Link building tidak bisa dipisahkan dari SEO, karena bertugas untuk meningkatkan kepercayaan Google terhadap domain, dimana itu menjadi salah satu faktor penentu ranking.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

0 tanggapan untuk “Apa Itu Link Building? Inilah Jenis dan Manfaatnya Dalam SEO”

Tinggalkan komentar