Cara Mengembalikan Barang di Shopee yang Sudah Diterima – Shopee merupakan salah satu marketplace paling populer saat ini, khususnya di Indonesia. Salah satu alasannya karena di Shopee barang yang disediakan murah-murah, serta ada banyak promo dan diskon yang bisa didapatkan. Terlebih lagi dengan dukungan gratis ongkir dari Shopee dan penjual, ini semakin menjadi daya tarik bagi banyak orang.
Berbelanja di Shopee, mungkin saja ada beberapa kendala yang Anda alami sehingga ingin mengembalikan barang belanjaan yang sudah diterima. Baik itu karena barang yang dikirim tidak sesuai, ukuran tidak sesuai, barang rusak, atau yang lain sebagainya.
Dalam hal ini Shopee menyediakan layanan khusus untuk pengembalian barang dan dana yang sudah dibayarkan. Mengenai cara mengembalikan barang di Shopee yang sudah diterima selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini.
Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee
Sebelum lanjut ke cara pengembalian barang belanjaan di Shopee, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini harus diketahui agar Anda bisa lebih mudah melakukan pengembalian barang, serta tidak mengalami kendala dalam melakukannya.
Adapun beberapa syarat dan ketentuan untuk mengembalikan barang yang sudah diterima di Shopee, yakni:
- Pengajuan pengembalian barang hanya berlaku untuk alasan barang yang diterima salah atau tidak sesuai dengan deskripsi, produk cacat atau rusak, dan juga produk tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
- Bisa juga barang dikembalikan ke penjual, jika barang yang diterima tidak original dan berbeda dengan yang ada dideskripsi dan foto.
- Untuk pembelian barang dari Shopee Mall, barang bisa langsung dikembalikan ke penjual sesuai cara pengiriman yang berlaku. Simak cara pengirimannya di sini >> https://help.shopee.co.id/s/article/Ke-mana-saya-dapat-mengirimkan-barang-untuk-melakukan-pengembalian-di-toko-non-Shopee-Mall?previousPage=other%20articles&previousPage=other%20articles
- Sementara untuk pembelian barang di Non-Shopee Mall, barang bisa dikembalikan setelah penjual merespon pengajuan pengembalian barang. Waktu respon yang diberikan untuk penjual selama 3 hari kerja. Jika disetujui oleh penjual, maka Anda bisa langsung mengembalikan barang. Namun, jika penjual menolak pengambalian barang, maka ini akan ditangani oleh pihak Shopee.
- Waktu proses pengembalian barang untuk produk Shopee Mall, yakni 3-5 hari kerja terhitung setelah barang masuk ke gudang Shopee.
- Sementara untuk waktu proses pengembalian barang Non-Shopee Mall, prosesnya selama 7 hari kerja terhitung setelah resi diinput atau 2 hari kerja jika resi dari Shopee.
- Biaya ongkir untuk pengembalian barang akan ditanggung oleh konsumen atau sesuai perjanjian dengan penjual.
Cara Mengembalikan Barang di Shopee yang Sudah Diterima
Untuk pengajuan pengembalian barang belanjaan Shopee yang sudah diterima, ini bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee. Adapun cara mengembalikan barang di Shopee yang sudah diterima tersebut, yakni:
- Langkah pertama Anda buka aplikasi Shopee dan login ke akun Shopee yang digunakan untuk belanja sebelumnya.
- Masuk ke menu Saya, kemudian pilih opsi Dikirim.
- Klik salah satu pesanan barang yang ingin Anda kembalikan, maka Anda akan dibawa ke halaman detail barang.
- Selanjutnya klik tombol Ajukan Pengembalian yang ada di bawah tampilan.
- Lanjutkan dengan pilih Status Pengembalian, lalu pilih semua barang yang ingin dikembalikan.
- Kemudian klik tombol Selanjutnya, lalu pilih alasan kenapa Anda ingin mengembalikan barang. Pastikan Anda memilih alasan yang sesuai agar pengajuan pengembalian diterima dan klik Konfirmasi.
- Lampirkan juga Foto sebagai bukti serta keterangan pada kolom yang disediakan, lalu klik tombol Kirim.
- Tinggal menunggu respon dari penjual, kemudian Anda bisa mengembalikan barang sesuai ketentuan yang tertera.
- Selesai.
Itulah tadi cara mengembalikan barang di Shopee yang sudah diterima bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.
Tinggalkan komentar
Anda harus masuk untuk berkomentar.