6 Cara Menulis Artikel Yang Bagus dan Menarik Buat Pemula

Faradila

28 comments

Link
Grafik yang menggambarkan tata letak artikel dengan judul "6 cara menulis artikel yang bagus dan menarik buat pemula" di jendela browser web.
Advertisements
WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Membuat artikel adalah rutinitas sehari-hari bagi pemilik blog dan website agar selalu ada konten baru bagi pembaca. Menulis artikel membutuhkan skill yang baik, dalam merangkai kata dan menampilkan informasi kepada pembaca. Yuk, disimak cara menulis artikel yang bagus dan menarik sebagai berikut.

Artikel adalah sebuah karya tulis yang dipublikasikan secara online dengan tujuan menghibur, mempengaruhi dan memberitahu pembaca. Ada banyak sekali jenis artikel yang bertebaran di internet, mulai dari artikel berita, artikel hiburan, artikel jualan dan artikel panduan.

Sebagai seorang pemula, wajar apabila merasa bingung ketika menulis artikel. Jangan khawatir, mari dibahas 6 cara menulis artikel yang bagus dan menarik seperti dibawah.

Cara Menulis Artikel yang Bagus dan Menarik

1. Menemukan Ide Artikel yang Hendak Dibuat

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum menulis artikel adalah menemukan ide postingan. Ide postingan ini sudah seharusnya relevan dengan niche blog kalian. Untuk menemukannya, kamu perlu melakukan riset keyword.

Riset keyword adalah pencarian kata kunci yang nantinya menjadi judul artikel. Di postingan sebelumnya, admin sudah membahas tentang panduan cara riset keyword buat pemula.

2. Mengidentifikasi Target Pembaca

Setelah menemukan keyword yang hendak ditulis menjadi ide postingan, sekarang kamu perlu mengidentifikasi siapa pembacanya. Dengan demikian, isi artikel bisa lebih relevan dan tepat sasaran.

Kita ambil contoh Niche blog kamu adalah game online, lalu ide postingan adalah membahas mobile legends. Maka bisa menggunakan bahasa santai dalam penjelasannya.

Berbeda cerita jika niche blog kamu adalah bisnis, lalu ide postingan adalah membahas rincian modal bisnis lele.

Karena target pembaca adalah orang dewasa, maka bisa menggunakan bahasa lebih serius seperti Anda.

Kamu pasti bisa menentukan gaya bahasa yang digunakan di dalam artikel dan memilih mana yang paling sesuai. Posisikan dirimu sebagai pembaca agar lebih baik.

3. Mencari Referensi

Tips berikutnya adalah mencari referensi di Google. Semisal kamu ingin membuat artikel “cara budidaya lele dalam drum”. Nah, kamu bisa mengetikkan kata kunci tersebut di Google. Nanti muncul hasil pencarian, buka 3 artikel paling atas.

Baca masing-masing artikel sampai selesai, sehingga kamu mendapatkan gambaran umum tentang topik tersebut. Sebagai seorang penulis, kamu tidak boleh malas membaca.

Sebab, menulis adalah kegiatan menyampaikan ide, gagasan dan informasi kepada orang lain. Jika kamu tidak menguasai topik tersebut, lantas apa yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Jika artikel yang muncul di hasil pencarian tidak ada yang menjelaskan pertanyaanmu, maka bisa mencari referensi di TikTok atau YouTube. Intinya adalah menguasai topik yang akan ditulis dahulu.

4. Mulai Menulis

Setelah menentukan judul artikel dan membaca referensi, barulah kemudian kamu mulai menulis. Jangan menunggu mood baik atau apapun alasannya yang bikin kamu menunda, segera menulis untuk mengeluarkan ide-ide didalam otak.

Tipsnya adalah kamu bisa membaca satu paragraf, kemudian mengambil inti sarinya. Lalu gunakan bahasa sendiri untuk mengembangkannya.

Advertisements

Kita ambil contoh satu paragraf berikut:

“Xiaomi Mi3 adalah ponsel yang dibekali dengan prosesor unggulan dari Snapdragon. Membuatnya mampu menjalankan berbagai aktivitas tanpa khawatir lag”. 

Inti sari dari paragraf tersebut adalah Xiaomi Mi3 memiliki prosesor unggulan dari Snapdragon, sehingga membuatnya berjalan lancar.

Nah, kamu bisa menulis ulang menjadi seperti berikut:

“Xiaomi Mi3 adalah ponsel tangguh yang siap diajak bermain game dan bahkan multitasking dengan lancar. Pasalnya, ia dibekali dengan prosesor kelas atas dari Snapdragon.”

Bagaimana, pembahasannya terlihat berbeda namun intinya sama saja. Kalau bukan karena latihan, memang sulit. Itulah mengapa kamu harus memperbanyak latihan menulis dan jangan malas.

5. Baca Ulang dan Editing

Ketika pertama kali menulis, kamu tidak harus membuat paragraf yang sempurna. Tuangkan saja semua ide yang ada di kepala dan mengaranglah dengan bebas.

Jika kamu tidak percaya diri dan menuntut tulisan langsung sempurna, maka dikhawatirkan artikelmu tidak pernah terbit karena terus menerus merasa jelek.

Nah, setelah menulis artikel kamu bisa membacanya ulang. Dari sini bisa diketahui mana yang mesti diperbaiki, barulah kemudian melakukan editing.

6. Memperhatikan Kaidah SEO

Menulis artikel untuk blog yang paling utama adalah informatif agar bermanfaat bagi pembaca. Disamping itu, jangan lupakan kaidah SEO agar bisa bersaing di mesin pencari.

Tidak perlu kaidah SEO yang ribet-ribet, kamu bisa memasukkan bagian yang dasar saja. Admin sendiri menggunakan prinsip keyword density atau pengulangan keyword 1% dari total kata artikel.

Semisal keyword utama kamu adalah “tips budidaya ikan lele didalam drum”. Jika artikel yang ditulis sepanjang 500 kata, maka keyword “tips budidaya ikan lele didalam drum” diulangi sebanyak 5 kali.

1 keyword ditempatkan di 100 kata awal, 1 keyword ditempatkan di H2, 2 keyword diletakkan di isi artikel dan 1 keyword diletakkan di akhir.

Pemetaan keyword seperti ini sudah cukup untuk memenuhi standar SEO dan membuat artikel lebih natural bagi pembaca.

Demikianlah pembahasan mengenai enam cara menulis artikel yang bagus dan efektif untuk pemula. Semoga uraian diatas bisa bermanfaat bagi kalian semua yang sekarang sedang belajar menjadi seorang blogger.

WhatsApp Channel
Follow the SERPO - Digital Creative Hub channel on WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYSSVn0bIdhQbEG7409

Advertisements

Share:

Related Post

28 tanggapan untuk “6 Cara Menulis Artikel Yang Bagus dan Menarik Buat Pemula”

  1. Avatar Aldi Pranata
    Aldi Pranata

    Faradila, menarik sekali poin tentang ‘Memperhatikan Kaidah SEO’ di artikelmu. Aku penasaran, bagaimana cara terbaik mengintegrasikan keyword tanpa membuat konten terlihat dipaksakan? Terutama untuk niche yang sangat kompetitif. Tipsnya sangat dibutuhkan nih!

  2. Avatar Rina Meilani
    Rina Meilani

    Suka banget sama bagian ‘Mulai Menulis’. Aku sering kali merasa stuck di awal, dan tips dari Faradila kayaknya bisa banget ngebantu aku untuk mulai. Terima kasih ya!

  3. Avatar Tyo Nugroho
    Tyo Nugroho

    Sangat setuju dengan pendekatan Faradila dalam ‘Baca Ulang dan Editing’. Menurut pengalamanku, proses ini yang paling menentukan kualitas final artikel. Kadang, apa yang kita tulis saat itu terasa sempurna, tapi setelah dibaca ulang, banyak sekali yang perlu diperbaiki. Insightful!

    1. Avatar Andika Putra
      Andika Putra

      Betul banget, Tyo! Editing itu krusial. Kadang kita buta sama kesalahan sendiri. Punya editor atau temen yang bisa kasih feedback emas banget.

    2. Avatar Sari Ningsih
      Sari Ningsih

      Setuju sama Tyo dan Andika. Kalian biasanya butuh berapa kali baca ulang sih sebelum merasa ‘ini udah oke’ buat di publish?

  4. Avatar Irfan Jauhari
    Irfan Jauhari

    Artikelnya keren, Faradila. Tapi, untuk bagian ‘Memperhatikan Kaidah SEO’, aku punya sedikit pendapat berbeda. Menerapkan SEO itu penting, tetapi aku lihat sekarang trennya mulai bergeser ke user engagement dan user experience. Keyword stuffing udah nggak seefektif dulu lagi. Sekarang lebih ke content yang bener-bener valuable buat user. Gimana menurutmu?

  5. Avatar Rani Kusuma
    Rani Kusuma

    Bagian tentang mulai menulis itu bener-bener ngena sih, Faradila. Kadang aku stuck gak tau harus mulai dari mana. Tipsnya mantap!

    1. Avatar Ari Budi
      Ari Budi

      setuju banget! btw, kamu biasanya mulai nulis dari mana? bagian mana dulu?

  6. Avatar Ana Wijaya
    Ana Wijaya

    Halo Faradila, artikel yang sangat informatif! Saya penasaran tentang bagian ‘Mencari Referensi’. Bagaimana menurutmu cara terbaik untuk mengevaluasi sumber yang relevan dan kredibel? Apakah ada teknik khusus yang kamu gunakan? Terima kasih sebelumnya!

  7. Avatar Budi Raharjo
    Budi Raharjo

    Wah, baru tahu nih kalo baca ulang dan editing itu penting. Selama ini aku kira yang penting udah ngetik aja, langsung publish. Hahaha, mungkin itu sebabnya view-ku sepi.

  8. Avatar Dian Wahyu
    Dian Wahyu

    Perhatikan kaidah SEO itu krusial banget ya. Aku rasa banyak penulis yang belum terlalu paham soal ini. Faradila, bisa ga kasih contoh strategi SEO yang efektif untuk artikel?

  9. Avatar Riko Pratama
    Riko Pratama

    wah, menurut gua artikel ini bener2 bermanfaat buat yang lagi belajar nulis blog kayak gua. terutama bagian mulai menulis dan baca ulang itu loh, gua sering banget skip padahal penting ya. btw, ada tips gak buat tetep konsisten nulis? makasih banyak ya, Faradila, artikelnya keren!

  10. Avatar Dian Sastro
    Dian Sastro

    Menarik sekali outline artikelnya. Namun, aku ingin menambahkan pada bagian ‘Mencari Referensi’, sangat penting untuk juga memastikan validitas sumber. Dalam era informasi saat ini, mudah sekali menemukan informasi yang keliru. Menggunakan situs-situs dengan credibility tinggi sangat disarankan.

  11. Avatar Fajar Nugraha
    Fajar Nugraha

    mencari referensi itu bagian terpenting menurutku. tapi kadang susah nemu yang relevan. tips dong buat cari referensi yang baik.

  12. Avatar Putri Lazuardi
    Putri Lazuardi

    Saya sangat mengapresiasi bagian tentang ‘Mengidentifikasi Target Pembaca’, Faradila. Penjelasannya sangat metodis dan membuat saya menyadari beberapa kesalahan yang saya lakukan di masa lalu saat menargetkan audiens saya. Pemahaman mendalam tentang audiens bukan hanya tentang demografi, tapi juga psikografi, sesuatu yang sering dilupakan. Artikel ini membuka perspektif baru bagi saya, terima kasih!

    1. Avatar Fajar Nugraha
      Fajar Nugraha

      Setuju banget nih sama Putri. Mengenai psikografi itu penting banget biar konten kita nyambung sama pembaca. Gua juga baru sadar pentingnya gara-gara artikel ini. Top!

  13. Avatar Maya Fitrianti
    Maya Fitrianti

    makasih banget nih artikelnya. aku lagi belajar nulis artikel dan tipsnya berguna banget untuk pemula seperti aku. keep it up, Faradila!

  14. Avatar Hesti P
    Hesti P

    Aku suka banget cara Faradila kasih tips. Mengidentifikasi target pembaca itu sering di overlook sama penulis lain, padahal penting banget ya. Menurut pengalamanku, ini bisa bener-bener ngebantu untuk nentuin tone & gaya bahasa yang dipakai. Thanks ya!

  15. Avatar Deni Kusuma
    Deni Kusuma

    Bagian ‘Memperhatikan Kaidah SEO’ menarik nih, tapi menurut gua belum cukup dalem. Iya sih, penjelasan dasarnya ada semua, tapi mungkin bisa ditambahin lagi soal riset kata kunci yang efektif atau cara link building yang etis. SEO itu luas banget, dan semakin kita paham, semakin besar kesempatan konten untuk bersinar. Just my two cents.

  16. Avatar Hari Santoso
    Hari Santoso

    artikelnya lumayan lengkap sih, tapi aku rasa semua poin ini udah umum banget. ada hal baru nggak yang bisa ditambahkan ke dalam tipsnya?

  17. Avatar Irwan Syah
    Irwan Syah

    Wow, mulai menulis aja sampai butuh panduan. Apa gak lebay gitu? Orang dulu nulis di batu pake kapur juga gak ribet.

  18. Avatar Sari Puspitasari
    Sari Puspitasari

    Menarik artikelnya Faradila, tapi saya rasa kita juga perlu membahas lebih lanjut tentang pentingnya ‘Voice’ dalam penulisan. Setiap penulis unik, dan ekspresi diri melalui tulisan bisa jadi faktor pembeda. Apakah kamu setuju bahwa menemukan ‘voice’ sendiri itu sepenting mengikuti kaidah SEO?

  19. Avatar Reza Pahlevi
    Reza Pahlevi

    Akhirnya nemu juga artikel yang ngomongin tentang SEO dengan cara yang masuk akal. Banyak banget di luar sana yang cuma teori tapi nggak aplikatif. Tipsnya Faradila ngebantu banget buat aku yang masih awam soal ini. Thanks ya!

  20. Avatar Galih Aksara
    Galih Aksara

    duh, ini bener2 nyentuh bagian ‘mulai menulis’ nya. susah banget biasanya buat gua mulai, tapi setelah baca ini jadi makin semangat. mungkin bisa tambahin juga tips buat ngatasin writer’s block? pasti bakal berguna banget tuh buat banyak orang. artikelnya top, Faradila!

  21. Avatar Siti M
    Siti M

    Menurutku, menemukan ide artikel itu seni yang harus diasah terus menerus. Aku setuju sama Faradila bahwa ini langkah pertama yang vital, tapi aku rasa lebih dari itu, kita juga harus belajar untuk ‘mendengarkan’ apa yang pembaca inginkan. Ini artinya tidak hanya mengikuti tren, tapi juga mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi. Menurut teman-teman di sini, gimana nih?

  22. Avatar Lina Wijaya
    Lina Wijaya

    jadi kalo udah baca ulang dan editing banyak kali tapi artikel masih aja jelek, berarti bakat nulisnya yang perlu di upgrade dong? haha just kidding. tipsnya berguna banget nih.

  23. Avatar Tasya Kamila
    Tasya Kamila

    Ini bagian ‘Baca Ulang dan Editing’, kira-kira ada tools atau aplikasi yang direkomendasikan gak nih Faradila buat membantu prosesnya? Soalnya kadang baca ulang sendiri tuh masih ada yang terlewat. Makasih ya, artikelnya bermanfaat banget!

  24. Avatar Bimo Putra
    Bimo Putra

    Poin tentang Baca Ulang dan Editing ini sangat penting. Aku sering lihat tulisan anak-anak yang ide dan substansinya bagus, tapi karena minimnya editing, hasil akhirnya kurang maksimal. Saran ini sangat berguna tidak hanya untuk penulis pemula tapi juga profesi lain. Kudos, Faradila!

Tinggalkan komentar